Tim Nusantara Sehat Itu Keren

Sumber : Blog Mas Anjarisme
Ketika mendengar seseorang mengucapkan "Nusantara Sehat", bayangan saya kemudian kembali ke satu tahun lalu. Ketika Mamah saya menderita sebuah penyakit yang cukup serius. Bukan satu atau dua penyakit, namun komplikasi antara darah tinggi, ginjal, paru-paru, empedu dan jantung, bahkan tak terdefinisi penyakitnya karena terlalu kompleks untuk menyebutkan penyakit yang di derita. Setelah dirawat beberapa bulan, Mamah meninggalkan kami sekeluarga. Takdir tak dapat dielakan lagi, kami berduka.

Cerita lain adalah Nenek dan Budhe. Nenek menderita diabetes dan Budhe menderita darah tinggi. Saya mengenal Nenek yang ceria dan cerewet. Ketika saya bandel dan manja, Neneklah yang berada disamping saya, maklum saja karena Mamah masih repot dengan adik saya dan Ayah yang masih membangun usaha. Namun, lagi-lagi cerita sedih atas kepergian Nenek karena penyakit diabetes menjadi sebuah lembaran duka.

Lain Nenek, lain pula Budhe. Sosok yang galak namun ramah merupakan dua hal yang membuat saya senang berada dipelukan Budhe. Kakak tertua Ayah ini tidak memiliki anak kandung, maka bagi Budhe sayalah anak kandung Beliau. Hampir 2 tahun lamanya saya berada di rumah Budhe di desa Beji, sekitar satu desa dari rumah keluarga saya. Kenangan bersama beliau sangat menyenangkan, apalagi ketika hari minggu, saya selalu diajak keliling kota Pemalang mengunakan becak. Di pasar saya selalu dibelikan buah alpukat dan susu kental manis rasa cokelat. Setelah sampai rumah, kemudian saya dan Budhe membuat es aplukat segar. Cerita Budhe berakhir, ketika pada suatu malam saat menyantap sate kambing, padahal waktu itu kondisinya sudah stroke. Beberapa hari kemudian, langit mendung kembali hadir dalam ingat saya, Beliau wafat saat saya berada di sekolah menengah pertama.

Kanan Ke Kiri : Mamah (Almarhum), Adik, Ayah dan Saya (2012)
Dulu Ayah merupakan perokok hebat. Dalam sehari satu atau dua bungkus rokok bisa habis dilahap oleh paru-paru yang tak sehat. Untung saja, kami ketiga anaknya tidak mengikuti jejak Ayah yang dengan aroma tembakau, bahkan untuk mencoba saja saya tak sanggup. Setelah divonis menderita jantung, barulah Ayah sadar bahwa kesehatan diri lebih penting daripada harus menuruti kemauannya mengkonsumsi nikotin lagi.

Melihat riwayat penyakit yang mendera keluarga besar, saya menjadi sedikit was-was. Bagaimana kalau beberapa penyakit yang diderita oleh keluarga besar kemudian hinggap satu persatu ke dalam diri saya dan kemudian mengerogoti kekokohan tubuh yang digunakan untuk menulis dan berkarya? 
Jawabannya tergantung pada diri sendiri. Apakah mau peduli dengan kesehatan diri sendiri dan kemudian setelah diri sendiri melakukan gaya hidup sehat. Setelah memiliki gaya hidup tersebut, mulailah menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. 

Sama halnya dengan tim "Nusantara Sehat" yang memiliki misi membuat masyarakat mengerti apa arti kata sehat itu sebenarnya. Tim inilah yang mengerti betul bahwa diri sendiri telah sehat secara fisik dan mental sehingga dapat menginspirasi. Saya pun patut mencontoh apa yang dilakukan tim mulai dari hal kecil sampai hal menyeluruh yaitu Indonesia Sehat. 

Tim Nusantara Sehat Itu Keren

Sumber : http://nusantarasehat.kemkes.go.id/
Menjadi Tim Nusantara Sehat bukan sekedar slogan saja, namun pembuktian bahwa dengan kapasitas sumber daya manusia dan peralatan medis yang terbatas namun dapat menjangkau ke berbagai daerah-daerah di pelosok negeri. Mau tahu kenapa Tim Nusantara itu Keren? 

Tim Nusantara Sehat Itu Ngga Manja


Baik cowok ataupun cewek dipersiapakan dengan bekal yang cukup. Percaya ngga kalau ada pembekalan bela negara? Sumpah ini bukan bohong tapi Tim Nusantara Sehat itu dilatih bela negara supaya dapat bertahan dalam kondisi apapun baik di desa yang lengkap fasilitas maupun di desa terpencil yang tidak memiliki fasilitas lengkap. 

Tim Nusantara Sehat Itu Siaga

Bukan suami yang selalu siap antar jaga loh melainkan selalu menyediakan waktunya hampir 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat desa mendapatkan perhatian dan tertangani dengan baik.

Tim Nusantara Sehat Itu Gaul

Bukan hanya yang diibukota saja yang mendapatkan predikat sebagai orang yang gaul namun Tim Nusantara sehat juga sangat gaul. Gaul dengan warga sekitar dan cepat beradaptasi dengan budaya lokal.

Tim Nusantara Sehat Itu Bukan Anak Mama

Ditugaskan ditempat terpencil dan jauh dari hiruk pikuk ibukota merupakan hal berat bagi Tim Nusantara Sehat. Apalagi durasi penempatan dalam hitungan bulan atau bahkan tahun membuat kangen rumah atau keluarga tak bisa dihindari. Namun, kekangenan itu memacu semangat berbagi dan berbaur dengan warga sehingga julukan "Anak Mama" tak akan melekat pada Tim Nusantara Sehat.

Tim Nusantara Sehat Itu Keren

Siapa tak mau menyumbangkan sedikit waktu atau tenaganya bagi nusa dan bangsa? Kesannya memang terlalu klise, tapi tidak bagi Tim Nusantara Sehat. Sumpah yang digaungkan pada saat pemberangkatan selalu tertanam dalam hati-hati kecil mereka. Semua halangan dan beban telah ditinggalkan demi misi menjadikan Indonesia Sehat. Tim Nusantara Sehat, kalian benar-benar Keren!

Belajar dari kondisi keluarga dan pengetahuan tentang kesehatan, maka peran Tim Nusantara Sehat inilah yang bisa mengcover, pencegahan sejak dini dengan penyuluhan dan merawat masyarakat dengan hati dan ketulusan.


Tim Nusantara Sehat Itu Keren Tim Nusantara Sehat Itu Keren Reviewed by Salman Faris on 4/07/2016 10:48:00 PM Rating: 5

13 komentar:

  1. memang keren ya Om tim nusantara sehat. Semoga langkahnya selalu diberkati! :)

    BalasHapus
  2. Bagian awal mengharukan banget, Man. Jadi langsung ingat Budhe aku yang sekarang tinggal di Beji. Juga ingat alm Mama aku yang dimakamkan di Beji. Nusantara Sehat memang menginspirasi semua orang untuk lebih tangguh dan hidup sehat, ya.

    BalasHapus
  3. Kemarin lihat foto ini nusantara sehat ini kirain apa eh ternyata ada hubungannya dengan kesehatan tubuh. Bener-bener keren memang yah :)

    BalasHapus
  4. hidup tim nusantara :)
    ceritanya menarik mas, saya malah akhir-akhir ini jarang olah raga dan kemaren saya liat darah saya rendah.
    wah mesti bikin jadwal olah raga baru lagi nih.

    BalasHapus
  5. selamat ya salman, jangan lupa loh oleh2 hahaha

    BalasHapus
  6. tim nusantara sehat mantap....
    tetap semangat hehee... :D

    BalasHapus
  7. terpilih juga ya, Man? Selamat, ya. Bagi-bagi ceritanya di blog :)

    BalasHapus
  8. tim nusantara sehat itu anak mandiri...
    tim biru mantab... :D

    BalasHapus
  9. keren dah tim nusantara ini..ceritanya menarik banget :-)

    BalasHapus
  10. selamat ya salman, jangan lupa loh oleh2 hahaha

    BalasHapus
  11. keren banget dah tim nusantara ini

    BalasHapus
  12. keeereeeenn ommm.. iya memang harus keren sih hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.