Yuk Ikutan Mudik Lebaran Gratis Bersama Kementerian Perhubungan

5/27/2019 02:32:00 PM


Dari Jakarta ke Kampung Halaman, Mudik menjadi salah satu tradisi silaturahmi di Indonesia. Apalagi banyak yang mengadakan Mudik Gratis di edisi Lebaran (Idul Fitri) 2019 ini menambah berkah dan alternatif bagi yang selama ini mudik menggunakan motor atau kendaraan pribadi. Dan, yang lebih menggembirakan adalah Kementerian Perhubungan telah mempersiapkan mudik baik darat, laut dan udara dengan baik. Kemenhub (dishub) pun tak ketinggalan mengadakan mudik gratis bagi siapapun menggunakan bus. Wah, siapa yang mau ikutan?

Sementara yang lain menggunakan bus, saya lebih memilih kereta api. Alasannya karena kereta api ini adalah salah satu yang sangat tepat waktu.  Dan, jalur Jakarta - Pemalang ini memang banyak sekali alternatif kereta yang dapat digunakan sehingga tidak khawatir pulang jam berapa pun. 

"Kapan pulang?"

Sebetulnya saya bingung kalau Ayah dan adik saya bertanya seperti itu. Maklum, saya memiliki pekerjaan yang kadang mendadak dan harus dilakukan pada saat-saat orang lain sedang liburan dan malah sebaliknya kadang pada saat orang lain bekerja, saya malah memiliki waktu untuk libur. 

"Iya, nanti tanggal 6 juni."

Sudah beberapa tahun ini saya selalu melewatkan momen lebaran hari pertama, mungkin karena suasana rumah sangat sepi semenjak ditinggal Mamah dan Kakak saya. 


Namun, kota kelahiran, Pemalang memang membuat saya bernostalgia tentang masa lalu yang begitu menyenangkan. Selain itu, saya biasanya sangat kangen dengan kuliner dan suasana kota terutama alun-alun. 

"Kapan kita reuni?"

Kadang teman-teman SD,SMP dan SMA pun menanyakan hal yang sama. Tapi, pertanyaan ini bisa sebatas formalitas dan basa-basi kemudian menjadi wacana saja setiap tahunnya. 

"Kapan nikah?"

Sebetulnya pertanyaan ini juga yang paling dihindari. Bukan tidak mau menanggapi, tapi saya juga memiliki pendapat kalau saya masih 'belum dewasa' untuk menjadi kepala rumah tangga. 



"Mau lotek?"

Lotek itu makanan khas dari Pemalang yang mirip dengan gado-gado, bedanya kalau lotek ini bumbu dan sayurannya diulek dalam cobek sehingga menambah kelezatan makanannya. Dan, lotek inilah yang menjadi salah satu favorite saya selama di Pemalang. 

Kalau kuliner lainnya adalah Soto Gerombyang dan Sate Loso. Soto Gerombyang itu adaklah soto dengan kuah santan dicampur dengan serundeng dan diisi dengan daging sapi atau kerbau. Sedangkan sate loso adalah sate sapi yang dibumbui dengan sambal kacang dan biasanya disajikan dengan sop bening. Wah, bisa dibayangkan betapa lezatnya kuliner asli pemalang yang menjadi favorite saya dan seluruh warga Pemalang. 

Mudik Bareng Asyik Bersama Kementerian Perhubungan 



Dari tahun ke tahun persiapan mudik menjelang Lebaran memang menjadi perhatian. Kesiapan Kemenhub pun sudah dipastikan dan siap menyambut jutaan penumpang berbagai moda transportasi baik darat, laut dan udara. Apalagi mudik merupakan tradisi yang sangat unik dari Indonesia, meskipun di beberapa negara lain pun mengenal tradisi ini namun tidak sebesar Indonesia. 

Seperti yang kita tahu, Mudik dengan berbagai moda transportasi ini membutuhkan banyak orang yang terjun secara langsung baik petugas operasional di berbagai bandara, pelabuhan, pintu tol, dan berbagai macam lainnya yang rela menggorbankan waktu berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga demi kita yang akan mudik. 

Sebelum Mudik, pastikan keamanan dan keselamatan serta kenyamanan kita semua apalagi yang menggunakan kendaraan pribadi. Jangan sampai terjadi kecelakaan karena keteledoran kita dan tidak dapat bersilaturahmi dengan keluarga karena kondisi tersebut. 

Ketemu Captain Vincent Raditya 


Dan, saya pun bertemu secara langsung dengan Pilot Youtuber di acara tersebut. Captain Vincent Raditya, siapa yang tidak kenal sosok pilot yang menampilkan kehidupan awak cabin yang membuat kita sangat penasaran. Dari youtubenya, dia selalu memberikan pengetahuan tentang penerbangan yang selama ini mungkin tidak kita ketahui. 

Siapa yang pengen diajak ngevlog bareng bersama Captain Vincent ini? Saya juga pengen banget kalau ada kesempatan bisa ngevlog dan menanyakan banyak hal mulai dari penerbangan sampai hal-hal pribadi yang jarang diketahui oleh orang lain.

Jangan Lupa Mampir 

Selama mudik, nanti jangan lupa untuk mampir di beberapa daerah disekitar pantura atau daerah lainnnya di sepanjang pulau Jawa dan pulau lainnya. Bagi yang ingin mendownload panduan kuliner dan oleh-oleh disetiap daerah bisa download disini ya (panduan kuliner dan oleh-oleh pulau Jawa ). 

Selamat mudik dengan aman dan selamat serta guyub. Hati-hati diperjalanan ya! Sampaikan dalam saya kepadaa keluarga di rumah.

You Might Also Like

0 Comments