Pos Indonesia, Dikenal Dari Zaman Old Sampai Generasi Millenial

5/28/2019 03:16:00 PM

 

"Pos Indonesia terdekat itu dimana?"

Mungkin pertanyaan ini sangat populer ketika tahun 1990-an. Pada masa itu, surat dengan perangko, kartu pos, wesel, dan pelayanan kantor pos menyediakan berbagai macam pelayanan di masa tersebut.

Rasanya ini adalah Nostalgia yang indah dan sulit dilupakan. Apalagi, dulu sebelum ada alat komunikasi handphone seperti sekarang ini, surat-menyurat itu sudah menjadi hal yang sangat luar biasa. Anggap saja surat itu adalah jendela untuk terbuka pada dunia luar. Dari surat itulah saya memiliki sahabat pena yang sekarang beralih menjadi sahabat di facebook dan media sosial lainnya. 

Oh iya, dengan surat ini juga saya bisa mendapatkan berbagai informasi dan booklet penting seperti dari Keduataan Besar Jepang. Dan, tak disangka saya kini tinggal di daerah yang tak jauh dari Kedutaan Besar Jepang di MH. Thamrin. Dulu saya sangat senang ketika menerima buku panduan yang dikirim secara langsung dari Jakarta. Bagaimana nggak senang, kalau dapat buku panduan tentang Jepang dan belajar bahasa Jepang. 

Menunggu Surat Dan Kartu Pos Dari Pak Pos


"Surat!"

"Iya, Pak."

"Surat buat Salman."

Yes, akhirnya surat yang dinanti datang juga. Surat dari sahabat pena yang berada di Balikpapan, sebuah kota di Kalimantan Timur. Waktu itu, saya ditunjuk oleh Guru Bahasa Indonesia, untuk mewakili kelas bersahabat pena dengan sahabat di luar pulau Jawa. Dan, saya mendapatkan 2 sahabat pena, dan kebetulan saya ditunjuk dengan satu teman sebangku saya waktu itu, Erlangga. 

Waktu kuliah, saya dan Erlangga memilih Universitas yang berbeda. Saya di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Erlangga di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Walaupun sudah ada handphone waktu itu, kami tetap menyempatkan diri untuk berkabar melalui surat. Rasanya sangat berbeda sekali menuliskan kata-kata melalui pena dan bisa berpanjang lebar bercerita tentang kisah-kisah kuliah yang tidak ada duanya. 

Kartu pos dan surat sudah menjadi bagian yang tak terlupakan. Memang kini semuanya tergantikan oleh peran media sosial dan digital yang membuat kenangan itu mudah saja terlupakan. Tinta dalam surat pun bisa luntur dan tergerus oleh zaman, namun kenangan akan masa-masa kuliah dulu adalah yang paling tidak tergantikan. Apalagi kenangan tentang menunggu surat dari sahabat yang mungkin tidak berkabar selama beberapa minggu atau bahkan dalam hitungan bulan. 

Dan, beberapa waktu lalu, saya sempat mengirimkan beberapa kartu pos kepada follower saya di Instagram. Mungkin karena saya kangen dengan atmosfir sekaligus bernostalgia dengan kartu pos yang mungkin jumlahnya kini tidak banyak. 

Pos Indonesia Kini Siap Melayani Semuanya


Dulu, Kantor Pos (Pos Indonesia) hanya dapat melayani surat, kartu pos, wesel, giro dan pelayanan lainnya. Namun, tahukah kamu kalau sekarang Pos Indonesia sudah memiliki banyak jaringan internasional dan dapat mengirimkan uang ke berbagai negara di dunia melalui mitra yang ditunjuk. Jadi, peran Pos Indonesia ini sangatlah krusial, karena Pos Indonesia memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia bahkan ketika jasa pengiriman hanya menjangkau kota-kota besar saja, Pos Indonesia bisa menjangkau ke segala penjuru Indonesia tanpa adanya keterbatasan.

Nah, apa saja sih layanan yang bisa kita dapatkan di Pos Indonesia? 

Layanan Pengiriman Barang

Pos Indonesia kini menjadi salah satu jasa pengiriman barang yang terpercaya dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Dengan harga yang lumayan bersaing, maka Pos Indonesia kini menjadi pilihan bagi pengusaha online yang berada di wilayah yang tidak dijangkau oleh jasa pengiriman lainnya. 

Pos Indonesia memiliki pelayanan pengiriman barang mulai dari Domestik dan Internasional. Pengiriman Domestik pelayanannya antara lain adalah pengiriman standar, kilat khusus, pos express, dan pos jumbo eknomi. Sedangkan pelayanan internasional, Pos Indonesia menyediakan EMS, paket pos cepat internasional, pos ekspor, e-packet, surat udara internasional dan paket pos biasa internasional. 

Layanan Pengiriman Uang

Kantor pos yang menjangkau ke berbagai pelosok memungkin kan kita untuk mengirim uang ke daerah lain. Loh kan udah ada bank ngapain lagi pakai pos untuk kirim uang? Tidak semua orang paham teknologi dan kemudahan yang ada sekarang. Banyak di pelosok sana yang tidak bisa baca tulis bahkan hanya mengerti berdagang, berkebun atau bekerja saja tanpa memperhatikan lainnya. Layanan inilah yang membantu mereka, apalagi jika anaknya bekerja di luar negeri dan ingin mengirim uang ke orang tua mereka.

Untuk pengiriman uang dari dan ke dalam negeri bisa mengunakan Weselpos Instan, Weselpos Prima, Weselpos Transfer Tunai, dan Weselpos Kemitraan. Sedangkan pengiriman uang ke luar negeri ada juga, yaitu menggunakan Western Union, International Express Money Order (IEMO), BNI Wesel PIN, Wesel Instan BCA, Wesel Instan BSM, Wesel Instan CIMB Niaga, Wesel Instan Arsema (Moneygram), Wesel Instan Ebays, dan Wesel Instan Telkomsel.

Layanan Lainnya 

Pos Indonesia berinovasi dengan layanannya terutama pelayanan diluar pengiriman barang dan uang. Kini Pos Indonesia pun dapat melayani pembelian logam mulia. Bekerjasama dengan Antam, kini pos Indonesia dapat melayanai logam mulia di seluruh Indonesia. Wah, memang sangat menyenangkan kan, dapat membeli emas dan tidak usah jauh-jauh ke kota lainnya.

Selain itu, Pos Indonesia juga bekerjasama dengan pihak Bank, Asuransi, dan Penyaluran dana sehingga bisa menjangkau ke seluruh Indonesia. Dan, tak kalah menariknya adalah Pos Indonesia juga menjual tiket seperti kereta api dan pesawat terbang. So, kalau misalnya gaptek dan tidak memiliki pengetahuan tentang jual beli online, ke kantor pos aja, pasti akan dibantu pemesanan tiketnya mulai dari domestik sampai internasional. 

Pos Indonesia kini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat. Pos Indonesia sangat mengerti kebutuhan dan siap melayani semuanya mulai dari urusan ngirim barang sampai ke hal-hal lain seperti pemesanan tiket kereta api dan pesawat.

So, tunggu apa lagi, yuk kita ke Pos Indonesia di kotamu dan dapatkan seluruh pelayanannya. Yuk,yuk!

You Might Also Like

0 Comments