Tips Belajar Menulis Bagi Pemula : Mulai Saja Dulu

11/18/2021 07:50:00 AM

5e7FoJ.md.jpg

Saat memulai menulis adalah hal yang paling mudah atau malah justru sebaliknya, hal yang paling sulit. Namun, menyelesaikan sebuah tulisan adalah perkara sukar. Ya, kadang kala menulis itu membutuhkan sebuah kerangka yang pasti, padahal menulis memiliki beberapa hal dan imajinasi yang sangat dibutuhkan untuk membuat tulisan lebih menarik. Jadi apa yang seharusnya dilakukan apabila ingin menulis sebuah artikel atau blog? 

Saya justru berangkat dari orang mellow dan kemudian menuangkan setiap perasaan kedalam tulisan. Bagi saya menulis adalah healing, penawar dari duka, bahkan saya memiliki buku jurnal yang saya tulis saat SMA dan kuliah. Dari situlah, kemudian saya beralih ke media blog sampai saat ini. Saat itu, saya menulis setiap kejadian yang menarik hati saya, mulai dari berita baik sampai berita buruk sekalipun, bisa saya tuangkan ke dalam jurnal dan blog.

Nah, lalu apa saja sih yang harus dilakukan untuk belajar menulis dan membuat sebuah artikel.

5e7ENe.md.jpg

Mulai Menulis Saja Dulu

Rahasia yang selama ini saya lakukan saat menulis adalah menulis saja dulu, lupakan seluruh struktur yang membelengu, bebaskan pikiranmu untuk menulis apapun yang ada dikepala, dan biasanya saat menulis seperti ini dibutuhkan media seperti buku jurnal atau notes.

Menulis adalah sebuah ungkapan hati dan panca indra. Mulai menuliskan hal-hal kecil yang menjadi kesukaanmu misalnya hobi jalan-jalan, ya tuliskan pengalaman jalan-jalanmu, atau misalnya suka dengan K-Pop, ya kamu tuliskan idol kamu saat meluncurkan lagu atau apapun yang berkaitan dengan idol kamu itu.

Challenge Dengan Tema

Setelah mulai terbiasa dengan menulis dalam beberapa bulan, saatnya melakukan challenge terhadap diri sendiri. Mulailah membuat tulisan berdasarkan tema yang ditentukan secara spesifik. Misalnya, tema Fans Fanatik K-Pop, kamu bisa menuliskan isi kepalamu sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Apa yang ada dalam pikiranmu ketika melihat tema Fans Fanatik K-Pop, apakah kamu setuju denga  tema tersebut, atau kamu mendukung namun didukung dengan argumen tertentu. 

Kerangka Tulisan Juga Penting

Nah, setelah menentukan tema tulisan, jangan lupakan kerangkanya. Ketika sudah terbiasa dengan tema yang ditulis, maka perhatikan kerangka yang akan membentuk tulisan. Apa sih kerangka tulisan? Secara sederhana kerangka adalah point utama yang akan disajikan, misalnya pembuka, isi dan penutup. Pembuka biasanya akan diisi dengan pengenalan tema, kemudian isi membahas secara menyeluruh mengenai tema, kemudian ditutup dengan kesimpulan. 

Jangan Takut Salah

Menulis bukanlah sebuah jawaban atas soal yang bisa benar atau salah, menulis adalah sebuah kebebasan. Jadi jangan takut salah pada saat menulis, tulislah apapun yang ada dipikiranmu, karena memang menulis adalah sebuah proses pembelajaran yang membutuhkan waktu. Yang utama adalah mulai menulis, menulis dan menulis apapun, tanpa takut salah.

Konsisten dalam Menulis

Setelah terbiasa dengan menulis, maka konsisten adalah hal yang paling sulit. Biasanya, saat awal menulis akan terasa begitu mengalir, namun saat buntu dan tidak tahu harus bagaimana menyelesaikannnya maka timbul pikiran untuk berhenti menulis dan entah kapan tulisan tersebut akan diselesaikan. 

Cara yang paling mudah untuk konsisten adalah dengan membuat jadwal rutin menulis misalnya sebulan 4 atau 2 kali menulis dan tetapkan target yang akan dicapai selanjutnya dari tulisan tersebut.

5eYyTF.md.jpg

Menulis di Buku Jurnal 

Percaya nggak kalau menulis itu pekerjaan hati dan membutuhkan relaksasi? Kalau misalnya media yang digunakan pada saat menulis itu biasanya media elektronik, maka perlu sekali menulis di buku jurnal. Nah, biasanya malah dengan menulis di buku jurnal dengan tulisan tangan akan meninggalkan kesan yang sangat mendalam. Dan, satu hal lagi, menulis di buku jurnal dengan tulisan biasanya akan menimbulkan kreatifitas yang tidak bisa ditemukan melalui media online sekalipun.

Nah, saya menggunakan buku jurnal kulit dengan kualitas yang sangat bagus dari Hibrkraft. Bahannya dari kulit dan kertasnya pun sangat baik apabila digunakan untuk menulis menggunakan alat tulis apapun termasuk spidol ataupun alat tulis lainnya. Selain itu, apabila ingin menempelkan kertas atau stiker, kertasnya pun akan menempel dengan kuat sehingga sangat mudah digunakan.

Nah, info lengkap mengenai Hibrkraft ini bisa kamu lihat di website https://hibrkraft.com/ dan Instagramnya https://www.instagram.com/hibrkraft .

Menulis adalah pekerjaan yang menyenangkan, sehingga buatlah karya semenarik mungkin sehingga kamu akan dengan mudah menuliskan kata-katamu di jurnal. 


You Might Also Like

0 Comments