Tips Membuat Bisnis Start Up Untuk Pemula

1/30/2022 10:54:00 PM

 l8bYe2.md.jpg

Pernah menonton drama Korea Start Up yang diperankan oleh Bae Suzy, Nam Joo-Hyuk dan Kim Sun-Ho? Kalau yang sudah menonton pasti tahu banget perjuangan seseorang untuk mulai berbisnis dan mendirikan sebuah start up. Namun, dibalik perjuangan akan membuahkan sebuah keberhasilan yang tidak bisa dinikmati seorang. Pasti dalam benak kita memikirkan ide start up apa yang cocok atau contoh usaha start up yang sukses atau bahkan start up di Indonesia yang sukses dan bergerak dalam bisnis digital. 

Dalam drama start up, selain romatisme dan konflik yang seru, satu hal yang unik adalah pengetahuan tentang start up pun dijelasakan dengan bahasa yang sederhana. Selain itu, perjalanan Seo Dal Mi memulai bisnis dari ide-ide yang sangat related dengan kehidupan sehari-hari membuat drama ini menjadi salah satu referensi bagi pemula yang ingin membangun Start Up. Contoh sederhana bisnis yang dijalankan adalah tekonologi pembaca tulisan dan teknologi AI diinspirasi dari pengelihatan nenek Seo Dal Mi yang sudah tidak sebagus dahulu, kemudian Nam Do San, partner Dal Mi pun membuatkan aplikasi sehingga bisa digunakan oleh neneknya. 

Permasalahan yang terjadi saat ini adalah peluang sangat besar bagi seorang pebisnis, karena dari permasalahan ini dibutuhkan solusi. Kalau bisa disimpulkan adalah solusi yang kita ciptakan adalah bisnis start up tersebut. Pernah menggunakan ojek online? Saya adalah pengguna setia sampai sekarang. Ojek online adalah solusi dari kebutuhan berkendara yang selama ini dibutuhkan oleh masyarakat. Dan, saat ini ojek online pun berkembang ke berbagai jasa yang semakin membuat kebutuhan masyarakat terbantu dan terpenuhi. 

Baca juga : Tips Memulai Bisnis Merchandise Dengan Modal Kecil Untung Besar

Tips Membuat Bisnis Start Up 

lSnHy7.md.jpg

Membuat sebuah bisnis start up adalah impian semua orang, namun hanya sebagai orang saja dapat mewujudkan. Memang bisnis bisa saja gagal namun tak sedikit juga yang berhasil, semuanya tergantung dengan beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat membuat start up. 

Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat membuat bisnis star up untuk pemula. 

Wujudkan idemu sekarang juga 

Ide sekecil apapun bisa diwujudkan menjadi bisnis start up, asalkan merupakan solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat. Dan, dengan ide yang kita miliki pun bisa saja bisnis yang dijalankan akan membuahkan hasil dan besar dikemudian hari. Ide yang telah ditemukan, jangan lupa dilakukan riset lebih dalam sehingga nantinya tidak salah langkah dalam pengembangannya. 

Bentuk Dream Team Start Up 

Dalam drama start up, Soe Dal Mi dan Nam Do San adalah tim impian dengan komposisi yang pas karena memiliki background keahlian yang berbeda-beda namun memiliki keunggulan. Soe Dal Mi dengan keahliannya memimpin dan bernegosiasi serta Nam Do San yang sangat ahli dalam bidang teknologi sehingga menghasilkan produk yang brilian dan berguna dalam masyarakat. Bagi pemula yang membentuk sebuah start up pun setidaknya memiliki beberapa orang yang ahli dalam bidangnya masing-masing misalnya ahli managemen, keuangan, IT dan lainnya sehingga membantu pada saat bisnis berjalan.

Perhatikan Target Pasar dan Kualitas Produk

Ada bisnis tentu saja ada pasar yang dituju dengan produknya. Keberhasilan sebuah bisnis akan ditentukan dari produk yang disukai pasar, maka dari itu produk yang dikembangkan sebaiknya diujicobakan ke pasar terlebih dahulu sehingga disukai oleh pasar, dan berkembang produk-produk selanjutnya sehingga bisnis pun akan semakin membesar. 

Set up Goals dan Timeline

Setelah peluncuran produk, tentukan target atau goals yang akan dicapai dalam beberapa tahun kedepan, sehingga bisa sesuai dengan target. Apabila ditetapkan goals bisnis, maka bisnis pun akan terpacu untuk mencapainya bahkan melampauinya. Setelah ditetapkan target tersebut, buatlah timeline dari pekerjaan-pekerjaan yang mendukung goals tersebut. 


Pendukung Bisnis Start Up 

lSVV6v.md.png
Sebuah bisnis juga memerlukan beberapa peralatan seperti komputer atau PC dan Printer serta lainnya untuk menunjang bisnis yang sudah dijalankan. Nah, inilah beberapa peralatan penunjang bisnis start up. 

Small Office 

Walaupun sekarang sudah bisa dilakukan dari rumah dan melalui online, sebuah bisnis juga membutuhkan sebuah kantor. Tidak perlu kantor yang besar, sebuah rumah atau ruko atau apapun yang disebut kantor adalah tempat menjalankan bisnis sehingga bisa menciptakan sebuah produk yang bagus dan sesuai dengan target yang ditetapkan. 

Peralatan Kantor seperti PC dan Printer

Setelah memiliki kantor, pastinya dibutuhkan komputer atau PC dan printer sebagai penunjang pekerjaan. Sebagai sebuah start up diperlukan PC dengan spesifikasi yang bagus dan menunjang pekerjaan apapun, pun demikian dengan printernya, yang bisa digunakan untuk mencetak apapun, mulai dari dokumen yang simple maupun yangh banyak grafik dan gambarnya. 

Salah satu PC yang disarankan adalah HP 200 G4 22 All-in-One PC yang merupakan desktop All-in-One yang memiliki tampilan sederhana dan sleek namun memiliki kemampuan yang sangat powerfull. Selain itu, ditenagai oleh intel core i5 dengan 8GB RAM yang mampu mengoperasikan hal berat apapun dalam kantor seperti membuat presentasi dan pengolahan data lainnya. 

lSXudQ.md.png
Selain PC, printer juga merupakan hal yang wajib hadir dalam kantor. Apalagi jika memerlukan dokumen yang harus diprint, maka sebuah printer yang bisa memenuhi kebutuhan misalnya dokumen presentasi dan dokumen berwarna lainnya. Nah, HP Ink Tank Wireless 415 ini sangat cocok sebagai printer utama dalam kantor start up. Keunggulan printer ini adalah harga yang sangat terjangkau dan mencetak dengan cukup cepat baik black white ataupun berwarna, nah keunggulan lainnya adalah teknologi botol tinta dan pengisian tinta yang anti tumpah. Pengisian ulang tinta dapat dengan mudah dilakukan tanpa khawatir tinta tercecer. Pengelolaan tinta juga menjadi sangat mudah. 

Nah, untuk memenuhi kebutuhan peralatan elektronik seperti PC dan printer serta lainnya, kamu bisa mengecek dan membelinya Meora Prima Solusindo

You Might Also Like

0 Comments