Happy Surgery, Kini Trigeminal Neuralgia Bisa Sembuh Di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional

10/09/2022 02:06:00 PM


Apa yang dirasakan ketika nyeri dirasakan pada satu sisi wajah saja dan terasa menusuk walaupun hanya terkena angin? Ya, pasti sangat menyiksa dan menganggu aktivitas sehari-hari apalagi pada saat sedang deadline atau sibuk. Siapa menyangka jika rasa nyeri wajah sebelah ini bukan disebabkan oleh sakit gigi, telinga atau pun yang lain, melainkan saraf trigeminal. 

Penyakit ini mungkin kurang familiar di Indonesia, namun pada saat saya berkunjung ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional di Cawang, saya baru sadar ternyata terdapat suatu penyakit yang sangat menyiksa penyitasnya. Oh iya, tanggal 7 Oktober kemarin ini merupakan Trigeminal Neuralgia Awarness Day, momen inilah yang menyadarkan bahwa kondisi ini memang tidak banyak diketahui termasuk oleh saya. Bagi saya yang mengeluh pada saat gigi bengkak atau saat cacar air, ternyata nyeri wajah satu sisi ini ternyata lebih menyiksa, apalagi pada saat aktivitas sehari-hari.

Jika ditarik ke 7 tahun kebelakang, pada saat saya harus menginap di rumah sakit karena merawat Almarhum Mamah, saya teringat betapa kesehatan itu berarti. Penyakit Mamah merupakan komplikasi dari beberapa penyakit yang sebelumnya tidak terdeteksi, sehingga dibutuhkan perawatan intensif bahkan harus cuci darah. Melihat riwayat penyakit Mamah dan keluarga yang lain, sudah saatnya melakukan cek up kesehatan dan jika terdeteksi lebih dini, maka sudah seharusnya menjalani pengobatan, apalagi jika dilakukan dengan teknologi. Penerapan teknologi dalam pengobatan ini telah diterapkan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional. 

Mengenal Nyeri Wajah Sebelah (Trigeminal Neuralgia)

Saat melakukan pekerjaan, dan datang nyeri pada wajah, pasti sangat menganggu sekali. Saya yang pernah mengalami sakit gigi saja harus beristirahat sebentar bahkan berusaha untuk terpejam guna meredakan rasa sakit. Ternyata setelah tertidur, sakit gigi yang saya alami bukan mereda malah bertambah parah. Barulah keesokan harinya sakit gigi itu mulai mereda dan sembuh. 

Jika sakit gigi ini hanya bertahan beberapa hari saja, berbeda dengan nyeri wajah sebelah atau Trigeminal Neuralgia. Penyitas akan merasakan nyeri hebat pada sebelah wajah saja seperti tertusuk atau tersetrum sengatan listrik, kemudian jika terkena obyek seperti hembusan angin, rambut dan lainnya akan terasa sangat sakit. Nyeri hebat ini terjadi dalam durasi beberapa detik sampai 2 menit, dan kemudian akan timbul tenggelam. Dalam beberapa kasus, nyeri ini dapat bergantian satu sisi dan dua sisi wajah, dengan durasi beragam, dan sangat menganggu aktivitas wajah. 

Jika belum mengenal lebih dalam, Trigeminal Neuralgial merupakan nyeri satu sisi wajah, pada daerah yang diatur oleh saraf Trigeminal yaitu saraf kepala kranial nomor 5. Biasanya terjadi pada satu bagian persarafan atau lebih, dipicu oleh aktivitas sehari-hari yang seharusnya tidak sebabkan nyeri. 

Lalu, apa sih tanda dan gejala serta penyebab Trigeminal Neuralgial ? 

Tanda dan Gelaja Nyeri Wajah Sebelah (Trigeminal Neuralgia)

Menurut sehatq.com, secara umum tanda dan gejala nyeri wajah sebelah (Trigeminal Neuralgial) adalah terjadinya sakit pada wajah saat seseorang melakukan berbagai aktivitas diantaranya adalah 
  • Berbicara
  • Senyum
  • Mengunyah
  • Menggosok gigi
  • Mencuci muka
  • Menelan 
  • Sentuhan ringan 
  • Bercukur atau menggunakan make up
  • Pergerakan kepala
  • Getaran, seperti saat berjalan atau menggunakan mobil

Kadangkala nyeri diwajah terjadi begitu saja, tanpa ada pemicu sehingga sangat menyiksa dan menganggu aktivitas sehari-hari. Karena terdapat banyak gelaja dan pemicunya, penyitas Trigeminal Neuralgia ini merasa kualitas hidupnya menurun karena tidak bisa maksimal dalam melakukan beberapa kegiatan seperti mencuci muka, menggosok gigi, makan, menelan dan lainnya, sehingga ada rasa ketakutan dan emosional. Secara tidak langsung penyitas akan merasa enggan makan atau melakukan aktivitas sehingga mempengaruhi kesehatan karena kurang gizi dan lainnya.

Penyebab Nyeri Wajah Sebelah (Trigeminal Neuralgia) 

Sampai saat ini penyebab Trigeminal Neuralgial masih sulit dijelaskan secara pasti, namun menurut dr. Adi Sulistyanto, SpBS, FINPS, kondisi tersebut merupakan tekanan pembuluh darah pada saraf Trigeminal (Sindrom Kompresi Neuro Vaskular). Selain itu, bisa juga disebabkan oleh penyakit atau kondisi lain seperti Tumor, kelainan pembuluh darah, perlengketan, kelainan autoimun. 

Trigeminal Neuralgia, Kini Bisa Sembuh Dengan MVD di RS Pusat Otak Nasional


Setelah mengetahui bahwa kondisi tersebut adalah Trigeminal Neuralgia, maka tindakan selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui diagnosa selanjutnya dan tindakan yang harus dilakukan.

Setelah didiagnosa bahwa penyitas dengan kondisi Trigeminal Neuralgia, maka pilihan pengobatan yang dilakukan adalah dengan MVD. MVD merupakan Microvascular Decompression, yaitu tindakan bedah mikro dengan memberikan bantalan pada pembuluh darah yang menekan saraf kranial nomor 5 tersebut.

Apakah MVD Aman dilakukan? 

Pada sebagaian kasus penyitas Trigemnial Neuralgia, MVD merupakan first choice dan RS Pusat Otak Nasional memberikan jaminan bahwa MVD merupakan Happy Surgery. Kenapa MVD merupakan Happy Surgery? Nah, beberapa hal ini yang menjawab kenapa MVD ini aman dilakukan pada penyitas.

  • Mengatasi masalah utama penyebab nyeri yaitu tekanan pembuluh daraf pada saraf
  • Tidak ada batasan usia selama kondisi kesehatan memungkinkan pembedahan
  • Pilihan pengobatan utama karena mengatasi sumber penyebab secara langsung
  • Pemantauan ketat saraf saat pembedahan (intra Operative Monitoring/ IOM) mengurangi risiko pembedahan
  • Dilakukan oleh tim dokter terbaik,strategi intra operatif yang tepat yaitu dengan kemampuan tim Bedah Saraf, Neuroanestesi, fasilitas Mikroskop mutakhir dan peralatan lainnya.
Happy, happy surgery dengan bedah saraf RS PON. Bisa dikatakan seperti itulah yang dirasakan oleh penyitas, yaitu bapak Abdullah. beliau kini dapat melakukan aktivitas secara normal setelah sebelumnya merasakan sakit yang luar biasa pada bagian wajah sekitar 5 tahun. Saat naik motor dan terkena hembusan angin pun, Pak Abdullah merasa sakit yang luar biasa. Dengan MVD, Pak Abdullah merasakan happy surgery dan mendapatkan kesembuhan bahkan bisa melakukan aktivitas dengan normal kembali. 

Selain itu, ternyata saudara kembar saya, Salman Khan pun pernah mengalami Trigeminal Neuralgia selama 7 tahun. “I was suffering from this nerve problem called trigeminal neuralgia. So I couldn’t talk. Had to talk like that (speaking with his mouth slightly closed) and huge amount of pain."

Dengan adanya MVD, diharapkan penyitas Trigeminal Neuralgia merasakan kesembuhan dan dapat melakukan aktivitas secara normal kembali. 


You Might Also Like

0 Comments