Kota Cilegon, Pelabuhan Penghubung Jawa Dan Sumatera

10/28/2022 11:24:00 AM

 

Pernah menyebrang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauhuni di Lampung, Pulau Sumatera ? Jika sudah merasakan pelabuhan penyebrangan ini pasti tahu bahwa pelabuhan Merak ini merupakan salah satu pintu gerbang penghubung pulau Jawa dan pulau Sumatera. Dan ternyata Pelabuhan Merak ini terletak di Cilegon loh, siapa yang baru tahu kalau Merak ini terletak di kota Cilegon? 

Saya pernah beberapa kali melintas pelabuhan Merak - Bakauheni pada saat perjalanan menuju Lampung. Saat itu saya akan menghadiri Festival Karakatau dan beberapa festival lainnya. Ternyata saya telah beberapa kali melewati Cilegon yang merupakan pintu gerbang penghubung antara Jawa dan Sumatera. 

Antara Cilegon, Banten Dan Lampung, Pintu Gerbang Jawa dan Sumatera


Nah, saya ingin cerita sedikit mengenai  festival Karakatu di anak gunung Krakatau. Selain itu, Lampung juga sangat terkenal dengan gajahnya. Nah, pada perjalanan tersebut, melewati pelabuhan Merak - Bakauheni yang ternyata merupakan wilayah dari Cilegon.

Anak Gunung Krakatau Legendaris Sebelum Meletus 

Rakata, Danan dan Perbuatan membentuk sebuah gugusan pada sebelum 1883 dan berdiri kokoh di perairan antara pulau Jawa dan Sumatra. Debu membumbung tinggi hingga menutupi sebagian Bumi, Ombak pun takalah ganas hingga memporak porandakan garis pantai Jawa dan Sumatra yang berbatasan langsung dengan Gugusan Krakatau. Dahsyatnya letusan membuat seluruh penerbangan di tunda dan mengacaukan jaringan radio di belahan Bumi lain.

Kini, hanya tinggal Rakata saja yang masih berdiri. Namun, berjalannya waktu, Gunung Krakatau mewariskan kedahsyatannya kepada sang penerus, Anak Gunung Krakatau. Dan, pada tahun 2017 sebelum anak gunung Krakatau meletus, saya masih sempat menaiki puncaknya. Itulah kenangan yang tidak bisa dilupakan karena perjuangan menuju ke puncaknya terasa begitu terbayar dengan keindahan dari atas puncak.

Saya salut dengan pendaki Gunung. Mereka memiliki endurance dan semangat yang kuat untuk melewati ribuan kilometer untuk mencapai puncak Gunung. Mungkin, suatu saat saya pun akan mendaki Gunung apapun termasuk Gunung yang tak terduga sebelumnya seperti Puncak Jaya Wijaya, Amin.

Saya dan Mba Evi saja yang masih berkutat dengan langkah menuju puncak. Sambil bergaya dan difoto, itulah yang membuat nafas kami menjadi kuat. Sementara rombongan blogger telah mengabadikan keindahan Anak Gunung Krakatau, kami pun terpacu untuk sampai sesegera mungkin. Satu langkah, dua langkah, tiga langkah, dan langkah terakhir sebelum mencapai puncak. 

Yes, Alhamdulillah akhirnya saya telah menaklukan Anak Gunung Krakatau. Walau tingginya tak mencapai 1.000 mdpl, namun pencapaian ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Setidaknya ceklist saya sudah berkurang dan ceklist lain telah menanti.

Pelabuhan Merak, Cilegon, Pintu Gerbang antara Jawa dan Sumatera

Merak jika diibaratkan dalam rumah adalah sebagai pintu gerbang yang menghubungkan antara Jawa dan Sumatera. Kebayang dong begitu strategis dan krusial banget kota Cilegon ini bagi kita semua. Apalagi dengan adanya Pelabuhan Merak dan Bakauheni ini maka akses pengiriman barang dari Jawa ke Sumatera dan sebaliknya akan menjadi sangat lancar. 

Selain strategis, Cilegon ternyata memiliki wisata yang sangat indah banget. Kalau biasanya Cilegon terkenal sebagai penghasil baja, namun ternyata keindahan alam dan wisatanya juga nggak kalah loh dari daerah-daerah lain. 

Nah, wisata yang ada di Cilegon ini antara lain pulau Merak Besar, pulau Merak Kecil, Gunung Batur, Pantai Anyer, Pantai Tujuh Kelapa, Gunung Batu Lawang, Cagar Alam Gunung Tukung Gede, Batu Gambir, Bukit Teletubies, dan waduk Karatau Steel serta masih banyak yang lainnya. Ternyata banyak banget wisata yang ada di Cilegon. 

Nah, JNE Cilegon kini juga meresmikan kantor perwakilan Kepandean. Cilegon ini sangat strategis sebagai penghubung antara Jawa dan Sumatera sehingga akan memperlancar pengiriman barang dari dan ke pulau Jawa dan Sumatera.

JNE Cilegon Resmikan Kantor Perwakilan Kepandean

JNE Cilegon meresmikan Kantor Perwakilan Kepandean yang berlokasi di Jl. Raya Cilegon No. 1D, Pandean, Kec. Serang, Kota Serang, Banten pada Senin, 17 Oktober 2022. Dihadiri oleh Sales Regional Bodetabekcilcik Eko Suprihantoro, Kepala Cabang JNE Cilegon, Herry Herbowo, Sales & Marketing JNE Cilegon Julianasari, Babinsa Kagungan, Koramil 0602-16/Ciruas Serang, Sersan Kepala Joni Nurjaini,  Ketua RW Kampung Kepandean, Muhibin dan pemberiaan santunan serta do’a bersama yang  dihadiri anak-anak yatim piatu dari lingkungan sekitar.   

Herry Herbowo selaku Kepala Cabang JNE Cilegon, dalam sambutannya menyampaikan, “JNE secara konsisten terus berupaya melakukan berbagai program pengembangan terutama untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan turut membangun perekonomian bangsa”.  Perkembangan ekonomi digital juga sangat berdampak positif kepada bidang logistik karena perpindahan barang dari produsen ke konsumen membutuhkan logistik yang efisien sekaligus tepat waktu. “Di sinilah peran penting perusahaan pengiriman ekspres salah satunya JNE dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif lokal agar mampu berdaya saing dengan menjadi tuan rumah di negeri sendiri”. 

Kantor Perwakilan Kepandean memiliki lokasi strategis dan gedung baru ini memiliki fasilitas yang representatif, bangunan terstandarisasi dan parkir luas. Sehingga menjadi salah satu keuntungan untuk membantu mengembangkan koneksi bisnis UKM. Keberadaan Kantor Perwakilan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan JNE terhadap UKM, Komunitas, seller dan lainnya yang dari waktu ke waktu meningkat kebutuhannya akan distribusi barang. 


You Might Also Like

0 Comments