Tips Mencari dan Membeli Rumah Di BSD City

2/23/2023 02:22:00 PM

 

Menjelang usia matang, seorang pasti membutuhkan hunian yang nyaman, dan kelak akan ditempati bersama keluarga di hari tua nanti. Namun, kadang kala membeli rumah itu bukan perkara yang sangat mudah, membutuhkan banyak pemikiran mulai dari lokasi dan kenyamanan serta kredibilitas dari developer. Disaat galau, teman saya yang tinggal di daerah BSD City bercerita kalau saat ini banyak banget perumahan di BSD City, namun jangan sampai salah pilih, pastikan memilih developer yang bagus. 

Lalu, bagaimana jika ingin cari rumah di BSD atau mengetahui harga rumah di BSD? Pasti banyak banget yang menitip pertanyaan tersebut kepada teman saya ini kan? Namun, sebelumnya saya ingin menegaskan kembali kalau BSD City ini salah satu lokasi strategis untuk hunian karena memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki oleh lokasi lain. 

Pengen tahu nggak sih, kenapa saya memilih BSD City sebagai salah satu lokasi hunian saya di hari tua nanti? Oke, ini di beberapa alasan kenapa saya memilih lokasi tersebut.

Kenapa Memilih Rumah Di BSD ?

Memiliki rumah di BSD itu impian sekaligus harapan yang semoga bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Amin. Nah, beberapa alasan mengapa saya memilih BSD sebagai lokasi favorite adalah sebagai berikut : 

Lokasi Strategis dan Dekat Pusat Jakarta

BSD City jika dilihat dari peta, maka berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan, dan tidak terlalu jauh jika ditempuh baik dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi publik. Saat ke BSD, saya biasanya menggunakan KRL Commuter Line dan turun di Rawa Buntu, dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ojek online. Waktu tempuh dari dan ke Jakarta pun hanya memakan waktu tidak sampai 1 jam perjalanan, dekat bukan dengan pusat kota Jakarta?

Harga Rumah Relatif Lebih Murah dibandingkan Jakarta

Harga rumah di BSD jika dibandingkan dengan Jakarta cenderung lebih murah dan lokasinya pun tak begitu jauh. Tak heran, begitu developer menawarkan cluster baru, dalam hitungan hari maka akan terjual habis. Ada yang membeli untuk ditinggali atau tak jarang membeli untuk dijadikan sebagai investasi yang sangat menguntungkan di kemudian hari. 

Fasilitas Lengkap Di BSD

Selain harga rumah yang lebih murah dari Jakarta, fasilitas yang ditawarkan pun sangat lengkap mulai dari Mall, Tempat Hiburan dan hangout, pendidikan, rumah sakit dan segala aspek lain termasuk transportasi seperti KRL dan Jalan Tol menuju ke Jakarta. 

BSD Termasuk Daerah Berkembang 

Selain dekat dengan pusat kota Jakarta, BSD saat ini masih merupakan daerah berkembang dengan pembangunan yang sangat luar biasa cepat. Akses keluar masuk daerah BSD pun sangat mudah sehingga nilai investasi hunian pun akan semakin naik dari tahun ke tahun.

Pilih Developer Terpercaya

Selain banyak keunggulan tersebut, BSD pun memiliki banyak developer yang sangat kompeten dan kompetitif, namun jangan sampai salah pilih. Nah, salah satu yang sangat terpercaya adalah Sinarmas Land. Banyak sekali kawasan yang dibangun dengan mengutamakan kenyamanan dan fasilitas yang super lengkap. 

Tips Memilih Dan Beli Rumah Di BSD

BSD City sudah menjadi tempat strategis dan banyak diminati, karena beragam fasilitas mulai dari tempat wisata, sekolah, rumah sakit, mall, pusat perbelanjaan dan lainnya. Setelah memilih lokasi yang tepat, saatnya memilih jenis rumah apa yang cocok dengan seorang yang single dan berkeinginan untuk menikah dan memiliki anak. Maka, rumah di BSD yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut adalah rumah yang memiliki minimal 2 kamar tidur, karena akan dihuni oleh pasangan suami istri dengan 1-2 anak. 

Nah, lalu bagaimana cara memilih rumah di BSD tersebut yang sesuai dengan kondisi tersebut. Berikut ini tips yang bisa dilakukan dalam pencarian. 

Survey dan Pilih Tipe Rumah Terlebih Dahulu

Setelah memilih Developer, dalam hal ini Sinarmas Land, langkah selanjutnya adalah melakukan survey terlebih dahulu. Saat ini, survey bisa dilakukan melalui berbagai channel dan salah satunya dari website resmi. Selain itu, bisa melakukan survey melalui google maps. Biasanya di website akan dicantumkan nomor sales untuk bertanya lebih dalam mengenai tipe rumah yang telah ditanyakan tersebut.

Survei Lanjutan Dan Langsung Ke Lokasi

Biasanya sales akan menjelaskan sesuai dengan informasi yang kita butuhkan mulai dari harga dan tipe rumah serta bisa atau tidak KPR dan segalanya. Keterangan lebih lanjut biasanya sales akan mengirimkan brosur lengkap beserta perhitungan simulasi KPR yang nantinya diambil. 

Setelah itu, jika merasa tertarik dengan property tersebut, maka dijadwalkan langsung untuk survey ke lokasi. Biasanya akan diajak berkeliling ke berbagai lokasi sesuai dengan tipe rumah yang akan dihuni nantinya. 

Pilih KPR atau Cash? 

Nah, setelah muter-muter keliling perumahan tersebut, biasanya setelah itu akan dijelaskan kembali harga setelah diskon dan KPR. Dengan penjelasan yang jelas dan terperinci, maka gambaran tersebut akan dijadikan sebagai patokan pada saat pengajuan kredit jika KPR. 

Nah, lalu kalau misalnya masih bimbang antara cash atau KPR bagaimana? Sebagai informasi, biasanya harga jual yang tertera di brosur itu adalah harga jual secara cash, sedangkan secara KPR maka akan dihitung sesuai dengan kondisi yang diinginkan seperti tenornya berapa lama dan bunganya berapa persen serta komponen lainnya. Sebagai saran, misalnya mampu membeli dengan cash, maka sebaiknya cash namun misalnya masih belum memungkinkan bisa mengambil KPR. 

Tipe Rumah Yang Cocok

Nah, lalu tipe rumah apa sih yang cocok dengan kebutuhan seorang yang tengah merencanakan membangun rumah tangga dan berencana memiliki 1-2 anak. Tipe yang sangat cocok adalah tipe rumah 2-3 bed room dengan luas tanah minimal 60-70 m2. 

Dengan tipe rumah yang memiliki 2-3 tempat tidur, maka kemungkinan bisa digunakan sampai memiliki 1-2 anak dan telah beranjak dewasa bahkan kuliah nanti. Oh iya, selain itu saat ini model interior atau desain bangunan rumahnya pun sangat beragam mulai dari 1 lantai, 2 lantai, dan beberapa model lain yang sangat modern dan disesuaikan dengan kebutuhan calon pembeli nantinya. 

Oh iya beberapa perumahan Sinarmas Land yang bisa dijadikan referensi pada saat pencarian dan survey antara lain Freja, Foresta, Giardina, The Blizfield, Enchante Residence, Jadiete dan masih banyak perumahan lainnya di kawasan BSD City. 

Nah, itu saja yang bisa saya berikan mengenai tips bagaimana mencari, memilih dan membeli rumah di BSD City, semoga bisa memberikan insight yang bermanfaat dan bisa menemukan rumah idaman yang akan dihuni dalam beberapa tahun mendatang. 

Informasi  Website dan Social Media Sinarmas Land 

Website Resmi BSD : https://ecatalog.sinarmasland.com/project/bsd-city
Instagram : https://www.instagram.com/sinarmas_land/?hl=en

You Might Also Like

0 Comments