Jangan Salah Memilih Jurusan Saat Kuliah S1 Di Luar Negeri

3/05/2023 11:20:00 PM

 


Saat berkunjung ke kampus UniSadhuGuna di Pondok Indah yang ternama dengan Uniprep di Jakarta, dan menjadi salah satu penyedia program studi faoundation terkemuka yang membantu siswa mempersiapkan studi ke Universitas di Australia. Saya baru sadar menyadari betapa pentingnya mengetahui jurusan kuliah sebelum kuliah terutama di Luar Negeri. Kalau dulu, saya berkuliah berdasarkan jurusan mana yang favorite dan banyak di bukan di perguruan tinggi di Indonesia, namun ternyata saya malah beralih dan memutar 180 derajat dari jurusan yang salah pilih pada saat kuliah dulu. 

Menyesal dan seperti terpaksa, itulah yang saya rasakan ketika lulus kuliah dengan jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat. Rasanya ingin meminjam kantong doraemon dan kembali ke masa lalu tepatnya pada saat memilih jurusan kuliah. Salah memilih jurusan itu seperti salah memilih jalan dan tersesat. Sulit untuk kembali dan yang bisa dilakukan hanyalah terus berjalan atau merubah haluan, namun terpaksa harus memulainya dari nol dan harus terseok-seok. 

Belajar dari kesalahan, seperti saya tak mau adik-adik atau keponakan saya melakukan kesalahan yang sama. dan, beruntung banget bisa ke Open house di USG pondok indah dengan tema bedah karir dan jurusan, persiapan awal dari Jakarta untuk kuliah S1 di Luar Negeri. Kebetulan banget terdapat  beberapa pembicara yang hadir seperti Albert Egmont, CEO dari Life Talk Asia, Wiku Respati (TBI Pondok Indah), Teuku Daffa (Daffa Speaks), Lingga Wastu (Aplikasi Super) dan Belanegara Abe (Passion Vibe Record Label & Audiopost). 

Dan, salah satu yang menarik adalah bagaimana sebuah bakat dan minat (passion) itu merupakan salah satu jalan untuk menentukan jurusan yang tepat untuk kuliah S1 di Luar Negeri.

Memilih Jurusan Kuliah S1 Di Luar Negeri Berdasarkan Passion 

Albert Egmont dari Life Talk Asia memberikan pemahaman menarik bahwa passion dari anaklah yang menjadi guidence untuk menentukan pemilihan jurusan pada saat kuliah di luar negeri. Berkembangnya industri dan digitalisasi turut memberikan sumbangsih terhadap perubahan pekerjaan, bahkan 5 tahun mendatang beberapa pekerjaan terancam tidak dibutuhkan lagi karena bisa digantikan dengan teknologi. Beberapa pekerjaan yang nantinya akan hilang diantaranya adalah dokter umum, telemarketer, resepsionis, teller bank, customer service, akuntan, market reasech analyst, supir, dan pekerja pabrik. Dengan hilangnya pekerjaan tersebut, maka jurusan kuliah pun akan turut menyesuaikan dengan perminataan pasar tersebut. 

Dengan pekerjaan yang hilang tersebut, jurusan kuliah saat ini pun disesuaikan bahkan beberapa jurusan tersebut sangat asing ditelinga, namun sangat dibutuhkan pada saat masa depan nantinya. Beberapa tahun terakhir jurusan kuliah masih sangat umum dan cenderung tidak sesuai dengan pasar seperti teknik sipil, teknik elektro, twknik mesin, komputer, kedokteran, arsitektur, akuntansi, manajemen, hukum, seni dan desain visual. 

Sedangkan saat ini jurusan yang sedang berkembang dan nantinya akan menjadi primadona adalah sebagai berikut : 

- Aktuaria
- Teknik Biomedis
- Teknik Energy Terbarukan
- Teknik Robotika dan kecerdasan buatan 
- Data science
- Nanoteknologi
- Terapi Musik
- Immersive media desaign
- Human Computer Interaction 
- Social Media Management

Lalu, bagaimana menentukan jurusan yang tepat pada saat kuliah S1 di luar negeri? 

Menentukan jurusan itu seperti menentukan jalan hidup, salah memilih berarti akan menjalani kehidupan dengan tak nyaman. Begitulah yang coba diungkapkan oleh Albert Egmont, yang menyatakan bahwa passion atau bakat minat seseorang adalah patokan yang tepat untuk menentukan jurusan yang akan dipilih. Dan, salah satu yang perlu dicatat adalah sedini mungkin menentukan jurusan yang akan dipilih seperti pada usia setelah lulus SMP dan memasuki jenjang SMA. 

Saat ini indikator untuk menentukan passion seseorang itu sudah semakin jelas dan mudah dan bisa dilakukan oleh pihak seperti Life Talk Asia sebagai conselor. Pada tahap awal akan dilakukan test yang menjelaskan kepribadian dan passion yang dimiliki oleh siswa tersebut. Dengan adanya acuan tersebut maka akan dengan mudah menemukan benang merah beberapa jurusan yang tepat dan sesuai. Selama ini kadang orang tua selalu terpacu pada jurusan yang populer tanpa memandang kemampuan dan passion yang dimiliki. Akibatnya siswa akan terpaksa menuruti kemauan orang tau dan menjalani dengan berat hati.

Nah, berikut ini tahapan dalam memilih jurusan kuliah S1 di luar negeri 

1. Perhatikan batasan usia siswa pada saat menentukan jurusan, lebih baik pada saat lulus SMP ataupun usia jenjang SMA sudah siap dalam menentukan jurusan kuliah.

2. Pastikan siswa telah mengikuti test untuk menentukan minat bakat atau passion siswa

3. Ukur kembali seluruh kemampuan siswa dalam segala hal, dan dihubungkan dengan passion tersebut.

4. Sesuai dengan keseluruhan minat bakat tersebut maka pilihlah beberapa jurusan yang memiliki benag merah 

5. Pilihlah sekolah atau perguruan tinggi yang sesuai dengan jurusan yang diminati.

Begitulah kira-kira bagaimana menentukan jurusan yang tepat untuk siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi di luar negeri. Sudah saatnya orang tua mendukung apapun pilihan yang terbaik untuk anaknya, apalagi jika jurusan tersebut tidak populer namun memiliki propek luar biasa di masa yang akan datang. 

Dan, USG Education merupakan salah satu kampus yang memiliki beberapa program pilihan mulai dari UniPrep, Uniprep Junior Collage, USG International Collage dan Unistrat. Berbagai pilihan program dan pendidikan ini memungkinkan siswa yang telah menyelesaikan bangku SMP bisa langsung ke Uniprep Junior Collage dengan masa waktu belajar yang lebih singkat dari pada umumnya.

Persiapan Kuliah S1 Di Luar Negeri Di USG Education


USG Education lahir 27 tahun lalu dan merupakan lembaga pendidikan yang menyediakan solusi bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Luar Negeri. Dalam kurun waktu tersebut, USG Education memberikan pilihan terbaik bagi siswa yang ingin menempuh pendidikan luar negeri dengan berbagai persiapan yang dllakukan di Indonesia terlebih dahulu. Beberapa negara yang dijadikan tujuan siswa antara lain Amerika Serikat, Audtralia, Eropa dan Singapore.

Beberapa program yang sesuai dengan pilihan untuk melanjutkan studi S1 dai luar negeri dari lulus SMP atau junior high school bisa menempuh USG Junior Collage dan yang telah menamatkan SMA bisa melalui jalur Uniprep. 

USG Junior Collage (UJC)

UJC menawarkan program kualifikasi sekolah menengah atas Indonesia yang setara dengan kurikulum nasional, BTEC level 2 diploma atau Internbational GCSE dan International A Levels, dirancang untuk siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. 

UJC menjalankan program international General Certificate of secondary education (International GCSE) dari Pearson Edexcel (Inggris) dan BTEC level 2 program. Setelahnya, para siswa dapat meneruskan studinya ke UIC Collage atau Uniprep sebelum melanjutkan ke jenjang serjananya di Universitas Luar Negeri.   

Uniprep

Program foundation yang diberikan mempunyai rekam jejak sangat baik, telah terbukti melalui bantuan Unishaduguna di Jakarta, semenjak tahun 1994. Para pendidik berpengalaman dan berdedikasi disiapkan untuk membantu pelajar UNIPREP mencapai keberhasilan selama bertahun-tahun. UNIPREP juga merupakan program persiapan universitas pertama, terbaik, dan menjadi pilihan banyak pelajar di Indonesia.

UIC Collage 

UIC Collage ini merupakan salah satu fasttrack atau pathways yang telah diakui oleh Inggris dan Australia, sehingga akan memudahkan siswa yang ingin menlanjutkan kuliah di luar negeri dengan kurikulum yang sama dengan collage luar negeri. 

Setelah satu atau dua tahun di UIC Collage, siswa akan melanjutkan jenjang sarjana di universitas di Inggris atau di negara-negara terkemuka lainnya. Kurikulum yang digunakan pun real world learning dan industry based curricullum, dimana para siswa akan diajarkan secara langsung mengenai industri di bidangnya masing-masing, baik belajar dari para praktisi maupun mengerjakan tugas yang sesuai dengan kebutuhan di industri. 

Nah, itu dia tips memilih jurusan saat kuliah sarjana atau S1 di luar negeri, terutama bisa melalui USG Education yang membantu semua urusan mulai dari administrasi dan lainnya sehingga siswa sangat dimudahkan pada saat luar negeri.

Informasi Mengenai USG Education

Alamat :
Jl. Terogong Raya No.32, 
Cilandak, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 22701888


You Might Also Like

0 Comments