5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Resign

3/18/2023 08:30:00 PM

 

Semua karyawan berhak untuk memutuskan resign atau mengundurkan diri. Banyak alasan yang mendasari keputusan tersebut. Namun sebelumnya banyak hal yang perlu dipersiapkan, termasuk dalam masalah finansial. Untuk mempersiapkan hal tersebut perlu memiliki tabungan atau investasi dengan buka rekening online yang prosesnya mudah dan cepat. 

Rekening online merupakan jenis akun bank yang dibuka tanpa harus datang ke kantor dan bisa dilakukan dari mana saja. Dengan mempunyai rekening secara online, siapa saja, termasuk karyawan yang sedang menyiapkan diri untuk resign, bisa mengatur keuangan. Dengan demikian, selama belum mendapatkan pekerjaan atau penghasilan, kondisi keuangan tetap aman. 

Hal- Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Resign

Keputusan resign tidak bisa dilakukan sembarangan karena bisa menyebabkan berbagai masalah, terutama yang berkaitan dengan keuangan. Sebelum mengajukan pengunduran diri, ada beberapa hal yang harus dipikirkan, yaitu:

Pertimbangkan alasan resign

Semua orang pasti mempunyai alasan kenapa mengajukan resign, namun tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kembali. Saat ini tidak mudah bagi karyawan untuk mendapatkan pekerjaan baru yang jauh lebih baik dari perusahaan sebelumnya. Namun jika sudah mantap dengan pilihan tersebut, bisa segera mengajukan surat pengunduran diri. 

Diskusi dengan atasan

Sebelum mengajukan pengunduran diri melalui tulisan, sebaiknya berdiskusi dengan atasan. Pimpinan bisa saja memberi pertimbangan dan solusi masalah yang menjadi alasan untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Jika solusi yang diberikan oleh atasan masuk akal dan menguntungkan, tidak masalah untuk membatalkan rencana pengunduran diri tersebut.

Buat rencana karir

Merencanakan karir ke depan sangat penting. Sebelum melayangkan surat pengunduran diri, Anda perlu membuat rencana apa yang akan dilakukan setelah resign. Apakah akan menikmati waktu free untuk beberapa saat, mencari pekerjaan baru atau mulai menjalankan bisnis. Rencana ini penting agar setelah resign Anda tidak merasa bingung mau melakukan apa. 

Pertimbangkan tunjangan dan kompensasi

Sebuah perusahaan bisa saja memberikan gaji yang lebih tinggi, namun belum tentu dengan tunjangan dan kompensasi. Meski Anda bekerja di perusahaan dengan gaji kecil, tidak menutup kemungkinan bisa membawa take home pay tinggi dari tunjangan dan kompensasi. 

Karena itu, jika ingin resign dan pindah ke perusahaan bergaji lebih besar, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal tersebut. Jangan sampai pendapatan Anda justru lebih rendah karena kehilangan tunjangan dan kompensasi. 

Pertebal tabungan dan investasi

Masalah keuangan bisa terjadi setelah resign karena tidak adanya pendapatan. Sebagai antisipasi, sebaiknya mengecek kembali jumlah tabungan maupun investasi yang dimiliki. Dana tersebut bisa menjadi sumber keuangan sebelum Anda mendapatkan penghasilan baru. salah satu caranya dengan buka rekening online untuk menyimpan tabungan dan investasi. 

Pengelolaan Keuangan Sebelum Resign

Mengelola keuangan selama bekerja dan mendapatkan penghasilan tetap sangat penting. Jangan sampai uang yang diperoleh habis dan tidak tersisa untuk keperluan yang kurang penting. Anda perlu mengelola keuangan dengan bijaksana, terutama jika merencanakan untuk resign, salah satunya dengan memiliki rekening online. 

Dengan kondisi keuangan yang aman, Anda bisa resign tanpa bingung bagaimana memenuhi kebutuhan selama belum mendapatkan penghasilan kembali. Cara pengelolaan keuangan sebelum resign berikut bisa Anda lakukan, yaitu: 

Siapkan dana darurat

Dana darurat merupakan sejumlah uang yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan tidak terduga. Dengan demikian tidak sampai mengganggu pemenuhan kebutuhan lainnya. Anda bisa menyiapkan dana darurat terlebih dulu sebelum mengajukan resign yang mana besarnya bisa menyesuaikan kebutuhan, antara 6 sampai 12 kali dari pengeluaran bulanan. 

Untuk menyimpan dana tersebut, Anda bisa buka rekening online. Caranya sangat mudah dan Anda bisa melakukan sendiri dari berbagai tempat. apalagi saat ini banyak bank yang menyediakan aplikasi yang mudah diakses. 

Melunasi semua tagihan

Tagihan merupakan pengeluaran wajib yang harus dipenuhi setiap jatuh tempo. Sebelum mengajukan resign, sebaiknya Anda sudah terbebas dari beban ini sehingga tidak pusing memikirkan dari mana dana untuk membayarnya. 

Selama merencanakan resign, Anda bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk menutup pinjaman tersebut. Dengan buka rekening online dan menyimpan dana di rekening tersebut, akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan uang dan melunasi tagihan. 

Cari pekerjaan sambilan

Untuk menyiapkan dana yang lebih banyak, Anda bisa mulai dengan mencari pendapatan tambahan seperti dengan mengambil pekerjaan sampingan. Penghasilan dari kegiatan ini selain bisa menambah tabungan dan investasi, juga dapat menjadi alternatif sebelum mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. 

Sesuaikan pola hidup 

Karena harus menyiapkan dana cukup besar sebagai persiapan setelah resign, Anda harus mulai menyesuaikan pola hidup. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu dan alihkan dana tersebut untuk menambah tabungan dan investasi. 

Kedua fitur keuangan ini bisa menjadi penyelamat sebelum mendapatkan penghasilan yang memadai. Buka rekening online bisa menjadi alternatif sebagai salah satu cara untuk menyesuaikan pola hidup lebih hemat. Ketika bertransaksi secara online, semua akan terekam dalam sistem yang terdapat pada aplikasi sehingga mudah untuk melakukan monitoring. 

Cek kembali kondisi keuangan

Pengelolaan keuangan terakhir sebelum resign adalah dengan mengecek kembali kondisi keuangan. Pastikan tidak ada beban pengeluaran besar selama Anda resign yang menyebabkan kondisi finansial memburuk. Memiliki lebih banyak dana darurat, tabungan dan investasi merupakan cara untuk mengamankan kondisi keuangan. 

Manfaatkan digibank by DBS untuk Pengelolaan Keuangan Sebelum Resign


Mudahnya buka rekening online merupakan fasilitas yang diberikan oleh bank kepada nasabah. Salah satu yang menyediakan fasilitas tersebut adalah Aplikasi digibank by DBS. Dengan aplikasi yang lengkap dan user friendly memudahkan semua karyawan yang ingin resign dalam menyiapkan dana. 

Rekening online mudah diakses dari mana saja sehingga karyawan dapat mengontrol kondisi keuangannya kapan saja dan dimana saja. Dengan demikian mudah untuk mengatur keuangan selama persiapan resign. digibank by DBS hadir dengan berbagai keunggulan seperti: 
  • Tersedia banyak pilihan transaksi yang lengkap, aman dan mudah

  • Tersedia produk asuransi dan lebih dari 150 produk investasi

  • Terdapat fasilitas kartu kredit dan pinjaman dengan approval 60 detik

Dengan buka rekening online siapa saja, termasuk karyawan yang akan resign mudah untuk mengelola dan menyimpan uang. Ini bisa menjadi cara agar setelah tidak bekerja tetap  bisa memenuhi kebutuhan hidup. Tertarik untuk memiliki rekening secara online? Klik di sini untuk informasi lebih detailnya. 

You Might Also Like

0 Comments