Paket Buka Puasa Hemat Di Dapur Solo The Park Sawangan

3/25/2023 07:51:00 PM

 

Pada saat Ramadhan tiba, tentu saja ada sebuah rasa kangen tersendiri pada masakan khas kampung halaman. Kebetulan kampung saya berada di tepi garis pantai utara pulau Jawa, orang menyebutnya dengan Pantura. Sudah kurang lebih puluhan tahun saya merantau di Jakarta, jadi kadang kangen banget bisa menikmati sekedar kuliner khas Jawa yang sesuai dengan lidah saya dari saat masih kecil dulu. 

Dan rasa kangen itu sedikit terobati dengan adanya restoran Dapur Solo, Ahlinya Masakan Jawa mulai dari Barat Jawa sampai Timur Jawa. Oh iya, salah satu kuliner yang sangat familiar adalah pecel. Bagi yang belum kenal, pecel ini sejenis kuliner dengan penyajian sayur rebus yang dipotong-potong bersama gorengan, kemudian disiram dengan bumbu kacang, dan tak lupa disajikan dengan rempeyek atau kerupuk. Nah, kalau di kampung halaman saya agak sedikit berbeda, saya menyebutnya dengan lotek. Kalau pecel disiram dengan bumbu kacang, maka lotek ini bumbu kacangnya diulek langsung dan kemudian dicampur langsung dengan sayuran. Rasanya kurang lebih serupa tapi tak sama. 

Momen Ramadhan ini biasanya sebagai salah satu ajang untuk bersilaturahmi sambil buka puasa bersama, atau bahkan ada yang sekaligus menggelar reuni mulai dari alumni SD sampai Perguruan Tinggi. Kalau saya beberapa tahun terakhir ini memang sangat jarang bertemu dengan teman karena pandemi yang sedang melanda. Namun, dengan situasi pandemi yang sudah akan berakhir ini, seperti bisa menggunakan waktu-waktu inilah yang tepat untuk reuni sekaligus bersilaturahmi. 

Dapur Solo The Park Sawangan 

Biasanya kalau mengadakan reuni bersama sama teman sekaligus buka puasa bersama, maka salah satu hal yang diperhatikan adalah makanan dan tempatnya. Jujur, sebagai seorang yang lahir dan besar di Jawa pasti akan senang banget bisa menikmati kulinernya, jadi Dapur Solo ini sudah pasti mendapatkan perhatian khusus. Selanjutnya adalah tempatnya, apakah nyaman dan bisa beramai-ramai? Nah, Dapur Solo ini salah satu restoran yang cukup luas dan nyaman sehingga bisa bereuni dengan teman-teman. 

Dapur Solo mengangkat konsep budaya namun tetap stylish. Terbukti dengan aksen-aksen batik parang Solo serta hiasan lainnya yang masih berhubungan dengan seni dan budaya Jawa seperti Wayang. Selain Ahlinya Masakan Jawa, Dapur Solo sudah mendapatkan sertifikasi Halal sehingga pada saat menikmati hidangan pun tak akan ragu sedikit pun. 

Paket Buka Puasa Hemat Mulai 35 Ribu

Nasi Langgi Solo dan Nasi Gudeg, keduanya adalah makanan favorite di Dapur Solo setelah Nasi Pecel. Nasi Langgi ini merupakan olahan nasi dengan rempah beserta santan dan asam Jawa. Nah, dalam penyajiannya biasanya dilengkapi dengan lauk seperti telur dadar, bistik, kering kentang, daging, serundeng, kerupuk udang, sambal goreng hati, dan mentimun. Sedangkan Nasi Gudeg ini terkenal dengan nangka muda yang dimasak dengan santan hingga berwaran gelap ditambah dengan ayam kampung, telur, tempe, tahu dan krecek. Jujur sih kedua masakan ini memang ngangenin, dan untungnya menjadi salah satu sajian di Dapur Solo. 

Sedangkan untuk kudapan, biasanya saya sangat suka Serabi Solo. Kalau biasanya serabi lain dimasak sampai matang, namun serabi Solo ini biasanya dimasak sampai setengah matang, dengan isian yang beragam mulai dari coklat, keju, nangka dan lainnya. Selain kudapan, saya menyukai Es Cendol, kalau di Jawa banyak yang bilang itu adalah Dawet. Perbedaan Cendol dan Dawet ini hanya tepung yang dipergunakan saja, kalau Cendol menggunakan tepung kacang hijau sedangkan Dawet itu menggunakan tepung beras.


Selain menu reguler seperti biasanya, Dapur Solo The Park Sawangan memiliki Paket Spasial selama Ramadhan yaitu Paket Ramadhan IFTAR . Paket ini dimulai dari harga 35 ribu saja yang terdiri dari Paket IFTAR A, Paket IFTAR B dan Paket IFTAR C. 

Paket IFTAR A ini terdiri dari 2 menu yaitu Serabi Solo dan Es Pisang Ijo, sedangkan Paket IFTAR B ini terdiri dari sajian Nasi Gudeg dan Es Pisang Ijo. Nah, bagi yang sedang berbuka puasa bersama beberapa orang kamu bisa memilih Paket IFTAR C yang terdiri dari Sate Ayam Madura, Soto Ayam, Sop Ikan Asam Pedas, Bakwan Sayur, 2 Nasi Putih, 2 Es Pisang Ijo. Harga paket Ramadhan IFTAR C ini hanya 150 ribu saja dengan menu sebanyak itu loh, hemat banget kan? 


Nah, biasanya beberapa hari setelah Puasa pun, kita sudah memikirkan apa saja yang bisa diberikan kepada sanak saudara pada Hari Raya Idul Fitri nanti. Apalagi jika sudah disibukan dengan persiapan buka puasa bersama, mudik dan lainnya. Selain menyajikan Paket Ramadhan IFTAR, Dapur Solo juga menyediakan paket hampers Hari Raya yang terdiri dari 2 pilihan yaitu Paket Lontong Opor dan Ayam Bakar Pedas. 

Paket Buka Puasa Ramadhan IFTAR dan Paket Hampers dari Dapur Solo ini sangat membantu banget nih yang pengen menikmati masakan Jawa atau sekedar reuni bersama teman-teman yang sudah tidak lama bersua. 

Informasi Dapur Solo The Park Sawangan 

Alamat Lengkap :
Jl. Raya Parung - Ciputat No.1, RW.004, Serua, 
Kec. Bojongsari, Kota Depok
Instagram :
https://www.instagram.com/dapursolo1988/

You Might Also Like

1 Comments

  1. Wah menarik banget ini ada paket bukber di dapur Solo, bisa banget buat acara sama teman-teman. Apalagi tempatnya juga instagramable dan nyaman, menunya juga enak. Jadi ingin segera merencanakan bukber. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus