Tipe-Tipe Content Creator Di Indonesia

5/05/2023 05:52:00 PM

Sumber : unsplash.com

 

"Apa sih cita-cita kamu dek?"

"Aku pengen jadi youtuber."

"Memang jadi youtuber bisa hidup? Nggak mau jadi dokter atau pegawai kantor saja?"

"Nggak, buktinya banyak youtuber yang kaya."

Kalau anak-anak ditanya, apa sih cita-cita yang dingin dicapai di masa mendatang, jawabannya bukan dokter atau pegawai kantor. Namun, sudah beralih ke profesi yang berhubungan dengan produk digital, seperti youtuber, tiktoker atau yang dikenal sebagai content creator. 

Fenoma ini tak bisa disangkal karena memang penduduk Indonesia yang mengkonsumsi Internet sudah mencapai 212,9 juta orang pada Januari 2023 (data we are social). Dan, setiap harinya mengakses internet selama 7 jam 42 menit setiap hari melalui perangkat seluler atau smartphone. 

Bak cendawan di musim penghujan, beragam profesi pun muncul termasuk content creator yang menjadi impian anak-anak di berbagai pelosok Indonesia. Kalau dahulu televisi menjadi pengaruh yang kuat membentuk anak-anak pada masa tersebut, kini produk digital seperti social media pun membentuk pola pikir dan masa depan. Tak jarang, content creator pun dinilai dari konten yang dihasilkan. Jika konten tersebut baik dan sesuai dengan netizen di Indonesia, maka creator tersebut akan di terima, dan sebaliknya jika konten tersebut tidak sesuai dengan netizen, maka siap-siap berhadapan dengan jari-jari netizen Indonesia. 

Tipe-Tipe Content Creator 

Sumber : unsplash.com

Lalu, seperti apa sih tipe-tipe Content Creator di Indonesia? Sebetulnya banyak sekali tipe-tipe Content Creator, mulai dari reviewer, traveling, family, komedi, beauty, musik, daily vlog, tutorial dan lainnya. 

Tipe Content Reviewer 

Biasanya seorang yang sering mereview beragam produk, jasa dan lainnya ini akan menilainya dan kemudian dishare ke social media. Content Creator ini memang harus jujur dalam menilai apapun, dan merekomendasikan jikanya sesuatu tersebut sangat bagus. 

Tipe Content Komedi

Selain reviewer, content creator lain yang menyemarakan jagat social media adalah komedi. Tak jarang saya pun menikmati konten-konten komedi yang ditampilkan mulai dari kejulitan ibu-ibu dibalut komedi sampai keunfaedahan netizen yang selalu mengocok perut. 

Tipe Content Musik

Tipe ini biasanya memiliki selera musik yang dalam dan selalu upadte dengan lagu-lagu terbaru atau sesuai dengan keahliannya. Ada juga musisi atau vocal coach yang menganalisa lagu-lagu yang menarik dari sisi yang tidak terduga sebelumnya. 

Tipe Content Daily Vlog

Kehidupan seseorang kadang unik dan berbeda satu dengan lainnya. Content Creator Daily Vlog pun mengulas kehidupannya mulai dari bangun pagi hingga larut malam. Dan, ternyata keseharian inilah yang menarik untuk dinikmati melalui beragam social media. 

Tipe Content Tutorial

Biasanya saat kesulitan menggunakan aplikasi tertentu, salah satu sumber valid yang saya gunakan adalah youtube atau social media. Dan, kesulitan yang saya hadapi akhirnya bisa diselesaikan setelah melihat tutorial yang dishare. Tutorial yang dishare kadang masalah sepel dimata orang yang sudah mengerti, namun merupakan hidup dan mati bagi yang belum mengetahuinya.

Tipe Content Beauty

Make up yang digunakan oleh seseorang biasanya terinspirasi dari content creator beauty yang beredar di social media. Bukan hanya cewek, namun ada juga content creator beauty cowok yang membagikan tips skin care atau bahkan make up. 

Tipe Content Traveling

Siapa yang nggak suka jalan-jalan? Pasti hampir semua orang senang jalan-jalan seperti saya. Biasanya orang yang suka jalan-jalan akan membagikan beragam tips mulai dari budget hotel, transportasi dan destinasi wisata yang sedang dikunjungi. Biasanya banyak sekali yang share budget hemat jalan-jalan ke suatu destinasi sehingga semua orang bisa jalan-jalan dengan hemat. 

Sebetulnya masih banyak tipe-tipe content creator, namun yang familiar biasanya konten seperti itu. Nah, untuk mendukung content tersebut, dibutuhkan Internet Provider yang mendukung pekerjaan tersebut. 

Internet Provider Terbaik Di Indonesia


Mendukung Content Creator berkarya, dibutuhkan internet tercepat dan terbaik di Indonesia. Dan, salah satu Provider Internet yang menurut saya bisa memenuhi kebutuhan internet cepat di seluruh Indonesia, adalah IndiHome. IndiHome ini adalah grup dari Telkom Indonesia yang pasti menjamin kualitas internet.

Selain itu, keunggulan dari IndiHome dari Group Telkom Indonesia ini menjangkau keseluruh pelosok Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dan, terbukti pada saat saya di berbagai daerah pada saat traveling pun saya menemukan wifi yang digunakan adalah produk IndiHome. 

So, jika ingin menjadi Content Creator dan membutuhkan pendukung internet cepat, bisa menggunakan IndiHome yang menjangkau ke seluruh Indonesia. 


You Might Also Like

0 Comments