Tips Mengatasi Sulit Tidur Atau Insomnia Dengan Kasur Berkualitas

4/27/2023 05:04:00 AM

 

Gangguan tidur atau sulit tidur biasa disebut dengan Insomnia. Dan ternyata, Insomnia ini cukup banyak dialami orang didunia. World Health Organization (WHO) mencatat pada tahun 2021 kurang lebih 18% penduduk dunia pernah mengalami gangguan sulit tidur. Artinya sebanyak 1,4 Milyar orang di dunia mengalami gangguan tidur. Angka tersebut cukup banyak mengingat insomnia ini terjadi bukan hanya sehari atau dua hari saja, namun bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang. 

Saya cukup sering mengalami insomnia, terutama pada saat dikejar banyak deadline dan rutinitas yang banyak dilakukan pada malam hari. Kalau biasanya orang lain hanya sehari dalam seminggu mengalami insomnia, maka saya bisa mengalami 3 hari berturut-turut gangguan tidur. Padahal, pada masa sekolah menengah dulu, saya salah satu yang paling disiplin dalam waktu tidur, bahkan kadang saya sering tidur siang atau tidur seharian jika tidak ada kegiatan. Berbalik dengan saat ini, saya bisa melakukan banyak aktivitas atu produktif di malam hari. Dan, ternyata hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. 

Kata Haji Rhoma Irama, Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Haji Rhoma dari dulu sudah mengingatkan bahwa begadang yang tidak berfaedah itu wajib ditinggalkan, karena bisa merusak kesehatan. Apalagi dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Lalu, bagaiman sih cara mengatasi sulit tidur atau insomnia ini? Pastinya banyak orang yang ingin sembuh dan bisa tidur dengan lebih baik dan berkualitas sehingga mempengaruhi produktivitas pada siang hari. 

Penyebab Gangguan Sulit Tidur Atau Insomnia

Sebelum memberikan tips mengatasi insomnia, ada beberapa hal yang harus digali lebih dalam tentang penyebab utama insomnia. Kadang insomnia dipicu oleh stress, depresi, kafein dari kopi atau minuman lain, dan banyak hal lainnya. Mau tahu apa saja yang bisa mempengaruhi?

Stress

Stress bisa dialami karena kegelisahan akan banyak pekerjaan dan tuntutan sehingga membuat otak dan tubuh merespon dengan kesulitan tidur tersebut. Biasanya otak akan mencari cara atau jalan keluar dari permasalah  yang terjadi.

Depresi 

Depresi ini merupakan stress berat dan sudah memasuki tahap yang mengkhawatirkan. Dan, biasanya depresi ini dipengaruhi oleh beberapa hal yang sama terjadi dengan stress namun sudah dalam tahap yang sangat dalam.

Kelainan Kronis

Kesulitan tidur juga bisa disesbakan oleh beberapa penyakit kronis seperti ginjal, diabetes, apnea, arthitis, dan lain-lainnya.

Pola Makan dan Minum Tak Seimbang

Ternyata pola makan dan minum tak seimbang bisa mempengaruhi kualitas tidur bahkan insomnia. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak seimbang membuat badan akan kesulitan mencerna, apalagi kalau makan sebelum tidur. Selain itu, hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh sebelum tidur karena akan menyebabkan kesulitan tidur.

Tips Mengatasi Kesulitan Tidur Atau Insomnia

Nah, setelah mengetahui penyebab kesulitan tidur tersebut, maka mengatasinya hanya butuh beberapa langkah yang sederhana. 

Inilah tips mengatasi kesulitan tidur atau insomnia.

Berusaha Tidur Tepat Waktu

Cara sederhana untuk mengatasi insomnia adalah dengan tidur tepat waktu. Apapun kondisi yang sedang dialami, biasakan untuk disiplin dan tidur tepat waktu. Tujuannya agar tubuh selalu tertidur dalam waktu yang sama setiap hari sehingga pada saat stres atau depresi melanda, maka tubuh tidak akan terpengaruh.

Selesaikan Masalah Atau Pekerjaan Sebelum Tidur

Biasanya jika pekerjaan tertunda atau tidak terselesaikan akan berakibat kondisi otak yang terus memikirkan hal tersebut. Nah, biasakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum tidur. Jika perkerjaan tersebut selesai sesuai dengan jadwal, maka kita akan merasa relaks dan bisa tidur dengan tenang.

Olahraga Secara Teratur

Percaya atau tidak, olahraga membuat tubuh segar dan peredaran darah lancar. Usahakan melakukan olahraga jauh sebelum waktu tidur. Misalnya, lakukan olahraga pada waktu pagi atau sore hari, dengan begitu tubuh akan terasa segar dan tepat waktu dalam beristirahat. 

Jangan Main Smartphone Sebelum Tidur

Sebelum tidur, usahakan untuk tidak mengunakan smartphone. Usahakan untuk menyelesaikan semua urusan baik chat maupun telepon sebelum tidur, agar tidak terganggu pada saat tidur. Namun, memang pada prakteknya smartphone ini memiliki kecanduan, sehingga mau tidak mau harus dibatasi sebelum tidur.

Kamar Tidur Yang Nyaman

Memiliki kamar tidur yang nyaman itu sebuah kewajiban apabila ingin mengatasi permasalahan terhadap tidur. Secara tidak langsung, kualitas tidur akan meningkat apabila kamar tidur tersusun rapih dengan kasur nyaman. 

Nah, lalu bagaimana sih cara memilih kasur yang tepat bagi yang suka insomnia? Ini dia tipsnya.

Tips Memilih Kasur Berkualitas

Memilih kasur berkualitas agar tidur pun semakin berkualitas dan terhindar dari insomnia itu sangat penting. Percayalah dengan kasur berkualitas tinggi, maka tidur pun akan nyaman dan tidak ada drama-drama yang tidak mengenakan seperti sakit pingang atau leher saat bangun tidur. 

Oh iya, sebelumnya kamu juga harus memperhatikan macam-macam ukuran kasur agar sesuai dengan kebutuhanmu nih. Jika kamu seorang yang belum menikah, maka disarankan menggunakan kasur single bed yang biasanya berukurang 90 x 200. Sedangkan bagi pasangan yang baru saja menikah atau sudah lama berpasangan, disarankan menggunakan kasur double bed agar nyaman dengan ukuran sekitar 120 x 200.

Nah, kebetulan banget nih ada kasur yang sangat berkualitas untuk menunjang kualitas tidur, yaitu Domibed. Untuk kaulitas tidur lebih nyenyak dan terhindar dari insomnia maka ukuran kasur no. 1 dari Domibed inilah yang harus dipilih. Dengan demikian, kualitas tidur terjaga, bangun lebih segar dan insomnia pun tidak terjadi lagi. 

Selamat menikmati tidur yang lebih berkualitas dengan Domibed!



You Might Also Like

0 Comments