Tips Diet Sukses Dengan Makanan Tinggi Protein

4/02/2023 07:00:00 PM

Diet itu sulit, namun bisa dilakukan kalau tahu secara mendalam bagaimana formulasinya. Terus terang, diet dengan konsisten itu susah banget, apalagi sekarang ini banyak godaan berbagai macam kuliner mulai dari yang biasa sampai yang luar biasa. Sebetulnya boleh saja mencicipi kuliner yang lagi hits, namun harus tahu batasannya. Diet itu bukan tidak makan nasi sama sekali atau puasa sampai berapa jam baru makan banyak kembali setelah puasa tersebut, namun diet itu adalah pola pengaturan seimbang antara makanan dan olahraga serta jangan lupakan untuk mengelola jam istirahat dan stress. Jadi, diet bukan melulu masalah makanan saja, namun banyak hal yang didalamnya seperti olahraga, pola tidur dan mengelola stress. 

Makanan bukannya faktor yang penting dalam diet? Iya bisa dikatakan seperti itu, strating point untuk diet itu dimulai dari pengaturan pola makan. Setelah melakukan pola makan dengan baik, selanjutnya bisa dilanjutkan dengan olahraga teratur dan pola istirahat yang cukup. Nah, Makanan yang tinggi protein adalah salah satu kunci untuk diet, karena selama ini lebih banyak karbohidrat yang dikonsumsi sehingga mengakibatkan obesitas. 

Kenapa harus mengutamakan makanan yang tinggi protein, bagaimana dengan makanan lain seperti sayur dan buah? Sebetulnya makanan dengan gizi seimbang adalah kunci dalam berdiet, namun porsi makanan yang tinggi protein inilah yang harus ditingkatkan karena manfaatnya dalam membantu kelancaran dalam diet. Apa saja sih manafaat makanan yang tinggi protein? 

Manfaat Makanan Tinggi Protein


Manfaat makanan tinggi protein dalam diet itu merupakan kunci dalam mempercepat. Ibarat kata, protein itu seperti bensin yang merupakan bahan bakar pada kendaraan. Dengan bensin, mobil dapat melaju tanpa terhambat sekalipun. Protein itu membantu proses pembakaran lemak pada saat tidur, bisa menurunkan berat badan tanpa batasan kalori, mengurangi nafsu makan dan ngemil pada malam hari, dan banyak manfaat protein lainnya. 

Berikut ini manfaat makanan tinggi protein untuk diet :

Protein Membakar Kalori Lebih Banyak

Percaya nggak kalau protein membantu membakar kalori bahkan pada saat tidur karena memiliki efek termal dan faktor lainnya mengaktifkan metabolisme. Metabolisme inilah yang membakar kalori dan lemak tubuh lebih efektif daripada yang lainnya. 

Asupan protein inilah yang membuat metabolisme meningkat dan meningkatkan efektivitas pembakaran kalori meningkat sekitar 80 sampai 100 per hari. Selain itu dengan diet tinggi protein dapat membakar kalori hingga sekitar 260 kalori per hari. 

Jadi kebanyang dong bagaimana efektifnya makanan tinggi protein dalam pembakaran kalori dan membantu pada saat diet dilakukan.

Protein Bisa Menurukan Berat Badan Tanpa Batasan Kalori

Percaya nggak kalau misalnya makanan yang tinggi protein itu bisa menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi porsi yang lain? Misalnya biasanya kamu makan seimbang porsinya, namun suatu saat menambah porsi protein, maka akan membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh protein ini mampu berfungsi menguragi kalori masuk dan meningkatkan kalori keluar. 

Dengan demikian, protein secara tidak langsung akan membantu menurunkan berat badan pada saat porsi makan seperti biasa ataupun pada saat diet, dengan catatan porsi yang seimbang baik nasi dan lainnya seperti sayur dan buah. 

Protein Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Setelah menambah porsi protein dan mengurangi karbohidrat, maka dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan secara otomatis. Jadi secara tidak langsung dengan proposi makanan protein tinggi lebih banyak dari yang lain akan mengurangi kalori yang masuk karena kurangnya nafsu makan. 

Dengan konsumsi protein dengan jumlah lebih banyak maka makan pun akan jauh lebih sedikit secara kuantitas, karena merasa kenyang lebih lama. Selain itu, dengan memperbesar konsumsi lebih besar sekitar 30 persen maka akan menurunkan asupan kalori sekitar 444 kalori per hari, sehingga protein ini sangat besar manfaatnya apalagi pada saat diet.

Protein Membantu Mencegah Hilangnya Otot Dan Pelambatan Metabolisme

Penurunan berat badan itu membuat hilangnya lemak namun juga kehilangan masa otot. Dan, setelah kehilangan masa otot akan terjadi pula penurunan metabolisme jika diet tidak dilakukan dengan benar dan hanya mengurangi porsi karbohidrat tanpa menambah konsumsi protein dan kandungan lainnya.

Dengan makan banyak protein, maka dapat membantu mengurangi kehilangan masa otot dan membantu menjaga metabolisme saat tubuh kehilangan lemak. Protein ini dapat meningkatkan metabolisme dan tetap optimal. Betapa pentingnya protein untuk mencegah hilangnya otot dan pelambatan metabolisme.

Nah, lalu makanan apa saja sih yang tinggi protein dan dapat dikonsumsi pada saat diet?

Makanan Yang Tinggi Protein Dan Membantu Diet


Nah, ini dia beberapa makanan yang tinggi protein dan wajib dikonsumsi pada saat diet.

Telur, Ikan dan Dada Ayam

Pada saat diet, mengkonsumsi telur, ikan dan dada ayam ini sebuah keharusan karena merupakan makanan tinggi protein yang disarankan. Pada saat mengkonsumsi telur, usahakan untuk mengurangi kuningnya. Sedangkan pada saat mengkonsumsi ikan dan dada ayam, maka bisa disajikan dengan makanan lainnya.

Kacang Kedelai dan Susu serta Produk Olahannya

Kacang kedelai juga memiliki kandungan yang tinggi proteinnya. Maka tak heran kalau kedelai juga disajikan sebagai susu, karena selain tinggi protein juga rendah lemak. Sedangkan susu juga memiliki kandungan protein yang tinggi, dan usakan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak.

Daging Sapi Tanpa Lemak

Nah, daging sapi tanpa lemak ini juga sangat tinggi protein, bahkan sangat disarankan pada saat diet. Yang kita tahu daging sapi bagian tanpa lemak ini bisa kita temukan dalam makanan seperti steak. Steak terenak dan banyak protein yang pernah saya konsumsi adalah steak Holycow. 

Holycow ini sangat terkenal dengan makanan yang tinggi proteinnya seperti steak, dan salah satu yang paling saya sukai adalah Steak Hotel by Holycow. Oh iya, ternyata steak tersebut ini memang sangat tinggi proteinnya dan rasanya pun sangat enak. Jadi, menu di Holycow ini merupakan salah satu menu yang wajib jika sedang melakukan diet.

















You Might Also Like

0 Comments