Pagelaran Wayang Peringatan 100 Tahun Koentjaraningrat, Bapak Antropologi Indonesia

6/17/2023 06:27:00 PM

 

15 Juni 2023 lalu merupakan peringatan 100 tahun Koentjaraningrat, Bapak Antropologi Indonesia. Dalam malam tersebut, digelarlah sebuah pertunjukan wayang dengan tajuk GatutKaca Dapat Beasiswa atau Gatutkaca Kinormatan. Seorang Koenjtaraningrat salah seorang yang menyukai pertunjukan wayang. 

Mengenal Sosok Koentjaraningrat dalam Peringatan 1000 tahun 


Bagi seorang yang memilih kelas IPS pada saat SMA, saya sangat mengenal seorang Koentjaraningrat yang selalu menjadi bahan referensi terutama mata pelajaran Antropologi dan Budaya. Saya ingat betul, beberapa makalah yang saya buat pada saat mempresentasikan Suku Asmat, dalam makalah kami terdapat nama Koentjaraningrat. 

Prof. Dr. H.C. KPH. Koentjaraningrat (15 Juni 1923 – 23 Maret 1999) adalah seorang antropolog yang berperan besar dalam mendeskripsikan sejarah dan kebudayaan Indonesia. Atas jasanya, ia diberi penghargaan sebagai Bapak Antropologi Indonesia oleh Lingkar Budaya Indonesia (LBI).

Sosok Koentjaratningrat terlahir dari Ayahnya R.M.Ng. Emmawan Brotokoesomo yang  seorang pamong praja di lingkungan Pakualaman. Ibunya, R.A. Pratisi Tirtotenojo, sering diundang sebagai penerjemah bahasa Belanda oleh keluarga Paku Alam.

Koentjaraningrat tertarik pada bidang antropologi sejak menjadi asisten Prof. G.J. Held, guru besar antropologi di Universitas Indonesia, yang mengadakan penelitian lapangan di Sumbawa. Sarjana Sastra Bahasa Indonesia dari Universitas Indonesia 1952, ini meraih gelar M.A. bidang Antropologi dari Yale University, AS, 1956 dan doktor antropologi dari Universitas Indonesia, 1958.

Pak Koen, demikian ia disapa, merintis berdirinya sebelas jurusan antropologi di berbagai universitas di Indonesia. Ilmuwan yang mahir berbahasa Belanda dan Inggris ini juga tekun menulis. Beberapa karya tulisnya telah menjadi rujukan bagi dosen dan mahasiswa di Indonesia. Ia banyak menulis mengenai perkembangan antropologi Indonesia. Sejak tahun 1957 hingga 1999, ia telah menghasilkan puluhan buku serta ratusan artikel.

Pameran dan Gelaran Budaya dan Seni 100 Tahun Koentjaraningrat 


Pameran dan Gelaran Budaya dan Seni, Telah Terselenggara Pada 8-15 Juni 2023 Pameran Budaya dan Seni ‘Peringatan 100 tahun Koentjaraningrat’ – pembukaan pada tanggal 8 Juni lalu diresmikan oleh Bapak Hilmar Farid Phd, Direktur Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi didampingi Wakil Keluarga Besar, Ibu Stien Koentjaraningrat. 

Koentjaraningrat, seorang ilmuwan, tokoh dan Antropolog pertama Indonesia yang sangat berperan besar dalam mendeskripsikan sejarah dan kebudayaan Indonesia dan berpengaruh besar perkembangan bidang Antropologi di Indonesia. 

Serangkaian peringatan ini juga merupakan moment membanggakan dan bersejarah merayakan jasajasa, kerja keras, semangat dan dedikasi Prof. Dr. Koentjaraningrat pada pendirian dan pengembangan ilmu Antropologi Indonesia, atas jasanya Ia diberi penghargaan sebagai Bapak Antropologi Indonesia oleh Lingkar Budaya Indonesia (LBI).

Gelaran acara yang sarat Kebudayaan dan Kesenian ini diselenggarakan oleh Keluarga Besar Koentjaraningrat dengan didukung oleh banyak pihak yang sangat menjunjung tinggi dedikasi dan sumbangsih Prof. Dr. Koentjaraningrat terhadap pengembangan Antropologi dimasanya hingga kini yakni: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Indonesia, Kompas Gramedia, Bentara Budaya, AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) dan Fullbright Indonesia.

Puncak Peringatan 100 Tahun Koentjaraningrat Pagelaran Wayang GatutKaca Dapat Beasiswa 

100 tahun merupakan tahun kelahiran beliau yakni 1923 tepatnya pada tanggal 15 Juni yang akan diperingati dengan Pagelaran Wayang Orang Bharata, yang merupakan persembahan dedikasi keluarga besar kepada Pak Koen yang sangat menjunjung tinggi dunia tari dan pewayangan terutama Wayang Orang, bahkan beliaupun juga semasa mudanya menggandrungi dan menari Jawa. 

Sebagai Puncak Peringatan 100 Tahun Koentjaraningrat, In Memoriam Pak Koen Pecinta dan Penari Jawa – Hari ini dipersembahkan Pagelaran Wayang Orang dengan Lakon GATUT KACA DAPAT BEASISWA atau ‘Gatutkaca Kinormatan’ Pagelaran Wayang Orang dari Sanggar 'SUKO RENO SEKARING BUDHAYA' yang disutradarai oleh Ibu Surip Handayani ini akan menampilkan 16 Penari dan 13 Tim Karawitan.


You Might Also Like

0 Comments