Tips Bisnis Home & Living, Jangan Lupakan Jasa Pengiriman Barang (Cargo)

10/06/2023 12:30:00 AM

 tips-bisnis-home-living

Menciptakan rumah yang tenang dan nyaman itu sebuah cara menikmati hidup. Kalau rumah itu sesuai dengan harapan selama ini, tentu saja membuat semakin semangat menjalani hidup. Dan, tentu saja memiliki rumah idaman itu mimpi semua orang, apalagi dengan dekorasi sesuai dengan selera dan keingin pastinya membutuhkan banyak hal. Dan, saya pun pasti akan melakukan hal yang sama dengan lainnya, jika memiliki rumah pasti mengingingkan banyak hal, dan pasti membutuhkan toko yang menyediakan seluruh perlengkapan rumah mulai dari furniture, dekorasi, dan pernak-pernik lain, supaya rumah terlihat lebih homey. 

Tentu saja kebutuhan furniture, dekorasi dan pernak-pernik rumah merupakan peluang yang sangat tepat untuk membuka bisnis dibidang ini. Bisnis Home & Living, bisa dibilang inilah bisnis yang tepat untuk memenuhi segala kebutuhan rumah. Apalagi kini bisnis home & living ini bisa dijalankan dengan modal yang tidak besar dengan sistem mudah yang akan membuat bisnis ini menguntungkan namun operasional pun tidak menguras keuntungan yang sudah diraih. 

Lalu, bagaimana cara mulai membangun bisnis home & living sehingga bisa menjadi bisnis besar, serta bagaimana cara menghemat operasional terutama jasa pengiriman barang (cargo) yang ternyata merupakan bagian dari strategi bersaing dengan kompetitor?

Bagaimana Cara Mulai Membangun Bisnis Home & Living? 

Memulai bisnis home & living ini sebetulnya gampang-gampang susah. Kenapa seperti itu? Karena memerlukan kejelian dalam mengatur konsep, supplier, promosi dan jasa pengiriman. Jika keempat hal sudah dikuasai dan mengerti bagaimana berstrategi, maka bisnis home & living ini dijamin akan menyenangkan dan menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat. 

Lalu, bagaimana sih cara mulai membangun bisnis home & living ini? Ini dia tipsnya 

Mulai Dengan Riset 

Sebelum memulai bisnis apapun, mulailah dengan riset. Riset disini adalah mencari bisnis sama yang telah terlebih dahulu. Pelajari bagaimana cara menyediakan barang, kualitas barang, cara berpromosi, dan lainnya. Jangan sampai memulai bisnis tanpa ada riset terlebih dahulu. 

Usahakan untuk meriset banyak tempat, mulai dari toko kecil sampai ke yang besar sehingga bisa mengetahui keunggulan daari setiap tempat. Selain itu, jangan lupakan pula supplier di daerah-daerah penghasil furniture dan pernak-pernik, sehingga bisa tahu kualitas barang dan harganya. 

Mulailah dengan memetakan semua hal dari berbagai tempat, kemudian ambilah bisnis model yang tepat dengan dana yang ada, sumber daya serta jangan lupakan konsep bisnis yang membuat beda diantara yang lain.

Konsep Itu Kunci

Setelah melakukan riset, dihasilkan kesimpulan model bisnis yang akan dijalankan. Selain model bisnisnya, jangan lupa konsep yang akan ditampilkan dalam bisnis. Konsep yang dimaksud adalah bisnis yang dijalankan ini membutuhkan sesuatu yang berbeda dengan bisnis yang sama. Jangan sampai tidak memiliki konsep sehingga terkesan hanya menjiplak sana-sini tanpa tahu ke arah mana bisnis yang dijalankan. 

Konsep yang ditawaran dalam home & living biasanya adalah solusi dari semua kebutuhan rumah mulai dari furniture, dekorasi, dan pernak-pernik. Tidak hanya menyediakan keperluannya saja, usahakan untuk memiliki pengetahuan lebih tentang bagaimana cara menata rumah lebih cantik dan nyaman. Usahakan memiliki berbagai macam solusi dari semua permasalahan dekorasi rumah.

Konsep ini tentu saja harus terlebih dahulu diuji cobakan atau ditawarkan, sebelum dilaunching. Tujuannya agar konsep lebih realistis dan sesuai dengan kebutuhan dalam hal home & living saat ini. 

Carilah Supplier Yang Sesuai Dengan Konsep

Setelah mengetahui konsep yang ditawarkan. Segeralah mencari supplier yang sesuai dengan konsep tersebut. Biasanya mencari supplier itu gampang-gampang susah. Jadi, usahakan mencarinya melalui berbagai channel, seperti pameran, datang langsung ke pengrajin, melalui keluarga dan kenalan serta bisa dari pemerintah daerah yang memiliki daftar pengrajin di daerah tersebut. 

Selain itu, supplier bisa dicari melalui social media atau toko online, sehingga bisa dengan mudah mencari yang sesuai dengan konsep yang ditawarkan tersebut. Setelah memiliki supplier tersebut, usahakan untuk melihat barang secara langsung dan mengetahui kualitasnya. Jangan sampai menyesal setelah mengetahui barang dari supplier tersebut ternyata tidak sesuai dengan display yang ditawarkan di social media atau chat. 

Promosikan Di Seluruh Social Media

Setelah melalui berbagai tahap, akhirnya launching bisnis home & living ini. Dengan social media dan beragam channel lainnya, promosikan bisnis ini secara masif, usahakan untuk menggunakan beragam media promosi seperti foto dan video sehingga bisa dikenal secara luas di masyarakat. 

Berbeda! Usahakan untuk mempromosikan bisnis secara berbeda di social media, sehingga bisa menarik perhatian. Selain itu, usahakan membuat tips-tips bagaimana cara mendekorasi rumah sehingga terlihat lebih homey. Dan, beragam cara promosi lain yang membuat masyarakat penasaran. 

Carilah Jasa Pengiriman Yang Sesuai

Setelah mencari supplier, hal paling penting lainnya adalah mencari Jasa Pengiriman Barang yang sesuai dengan keinginan dan budget. Biasanya jasa pengiriman untuk barang-barang home & living ini berkapasitas besar dan mampu mengirim dalam jumlah yang banyak. Bisa mengirim dengan ukuran 1 kg sampai lebih dari 3000 kg. 

Barang-barang home & living ini rata-rata memiliki berat yang cukup berat dibandingan dengan bisnis lain, sehingga tidak boleh salahn dalam menggunakan Jasa Pengiriman Barang. Nah, ini dia J&T Cargo, sebuah Jasa Angkut Barang yang memiliki banyak armada sehingga mampu mengirim ke seluruh Indonesia dan beberapa negara seperti Singapura, Vietnam, Malaysia dan lain-lain. 

J&T Cargo, Jasa Pengiriman Barang Hemat Sesuai Bisnis Home & Living

Pengiriman Barang atau Logistik itu faktor krusial dari bisnis Home & Living, bagaimana tidak karena selain barang yang dikirim dengan berat lumayan berat dan jumlah yang cukup banyak, memerlukan jasa pengiriman barang yang sesuai dengan budget. 

Nah, J&T Cargo ini dapat mengatasi beragam permasalah dalam pengiriman barang seperti harga yang kompetitif, pengiriman yang efisien dan efektif, jangkauan yang luas dan tracing yang akurat. 

Harga Yang Kompetitif 

Dengan harga distribusi yang terjangkau memungkinkan para pelaku bisnis untuk menekan harga jual. Bisnis pun bisa menghasilkan keuntungan yang lebih dari harga pengiriman barang yang lebih kompetitif ini. 

Pengiriman Yang Efektif dan Efisien

Harga barang di toko-toko jauh lebih stabil karena manajemen stok toko yang lebih fleksibel sehingga bisa mencegah penumpukan barang di gudang. Hal ini membuat manajemen pun lebih tertata dengan rapi serta bisa diprediksi kapan ingin restok dan harga pun jauh lebih bersaing karena stok selalu ready.

Jangkaun Yang Luas

Pelaku UMKM bisa mengirimkan barang dagangannya kemana saja tanpa harus dipusingkan untuk memilih layanan logistik yang berbeda beda untuk mengirimkan barang ke beda pulau. Hal ini akan membuat jangkuan pelanggan pun makin luas dan pasar pun bisa ditargetkan sampai pelosok Indonesia dan luar negeri. 

Tracking Yang Akurat

Penerima dan pengirim barang perlu difasilitasi sistem pelacakan lokasi barang yang akurat, aktual, dan tepat waktu, sehingga stok barang akan tiba sesuai dengan dengan request dan tidak terjadi keterlambatan pengiriman yang membuat stok kacau dan harga tidak terkontrol dengan baik. 

J&T Cargo selalu berfokus pada peningkatan efisiensi khususnya kepada para pelaku UMKM. Untuk memperluas jangkauannya, pelaku UMKM perlu mengetahui Bagaimana mereka bisa mendistribusikan barang kepada pembeli yang berasal dari daerah manapun di Indonesia. 

Dengan kemajuan internet saat ini, para pelaku UMKM menggunakan sistem pemasaran secara daring sehingga pembeli yang membeli barang dagangan mereka pun bisa datang dari mana saja dan tidak terbatas secara jarak. 

Bagi Para Pelaku Bisnis yang Hendak Mengetahui Lebih Lanjut terkait Pengiriman Barang, Sampaikan Kebutuhanmu melalui bit.ly/JTCargoRangkulUMKM .


You Might Also Like

0 Comments