Tips Keluar Dari Masalah Tanpa Drama Seperti Drakor

3/10/2022 03:20:00 AM

 

Seberapa sering kamu mengeluh mengenai pekerjaan atau hal-hal yang terjadi dalam hidup, mulai bangun tidur sampai kamu tidur kembali? Pasti tak terhitung kan, bahkan hal yang sederhana malah membuat masalah dan berujung dengan drama. Ya, drama itu bukan hanya di sinetron atau drakor (darama korea) saja, tapi dikehidupan kita pun banyak sekali drama. Mulai dari atasan yang memarahi kita, teman yang sering membully, atau bahkan orang tua yang menuntut kita untuk sempurna dan memiliki pasangan hidup. 

Kalau melihat drama korea seperti Start Up yang diperankan oleh Bae Suzy (Soe Dal Mi) , Nam Joo Hyuk (Nam Doo San) dan Kim Soen Ho (Han Ji Pyeong) ini pun banyak drama, mulai dari kebohongan antar pemeran, dan pertaruhan sebuah kesuksesan yang memberikan beban kepada semua pemeran. Salah satu drama dalam start up ini adalah ketika Soe Dal Mi tidak bisa bersama-sama dengan Nam Doo San pergi ke perusahaan kelas dunia di Amerika, ditambah dengan Soe Dal Mi yang tahu bahwa Nam Doo San itu bukan Nam Doo San yang mengirim surat-surat untuknya selama dalam masa kesusahan dahulu, melainkan Han Ji Pyeong. Drama dalam drakor ini memang sangat membagongkan sekali, dan membuat semua orang yang menonton akan menagis atau meluapkan emosi karena kekesalannya. 

Di dunia nyata, drama pun sering terjadi bahkan bisa lebih buruk dari drakor, dan saya pernah mengalaminya. Salah satunya ketika saya bekerja sebagai tour leader (TL) ke berbagai negara seperti Korea Selatan dan Jepang. Kebetulan saya sering membawa rombongan keluarga dan kerabat ataupun sahabat. Dan, drama pun tak bisa dihindari. Seperti saat saya membawa rombongan emak-emak yang memiliki ego masing-masing dan suka sekali berbelanja, jadi saya harus menunggu mereka selesai belanja dan waktu itu sudah hampir tengah malam padahal masih musim dingin. Tak hanya itu, masalah kemudian muncul kembali ketika pulang dan pesawat mereka berbeda satu sama lain sehingga saya harus mengurus mobil jemputan dan kereta secara bersamaan, namun ternyata mobil tidak bisa menjemput dan harus beralih ke taksi. 

Bagaimana jika masalah tersebut berujung dengan drama dan kemudian membuat kita emosi bahkan berujung depresi dan menganggu kesehatan mental. Apa yang harus dilakukan supaya mengindari drama dan keluar dari masalah tersebut? 

Beruntung sekali saya menemukan informasi tentang kelas online (zoom) yang memberikan solusi untuk "Keluar Dari Masalah Tanpa Drama" bersama Komang  Ayu  Trysnawati, seorang Counselor, Life & Wellness Coach

Baca juga : Kalau Mau Nikah Muda, Bagaimana Cara Mengatur Keuangannya?

Mengenal Apa Sebenarnya Masalah dan Drama 


Masalah dan Drama sepertinya sudah menjadi makanan sehari-hari, bahkan sulit dilepaskan karena kita tidak mengenal apa sebenarnya masalah dan drama. Lalu apa sebetulnya Masalah dan Drama? Dalam kelas bersama Mba Ayu, Masalah" sebetulnya adalah sebuah pernyataan mengenai kondisi dan situasi yang dianggap belum / tidak sesuai dengan yang diharapkan dan dianggap sebagai suatu hal yang perlu diselesaikan atau dipecahkan, biasanya menimbulkan dampak seperti kebingungan, kesulitan, tertekan, stress dan lain sebagainya. 

Jika ditelisik dari pengertian Masalah, maka sebetulnya pernyataan mengenai situasi yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Contohnya seperti pada saat saya menghadapi rombongan emak-emak pada saat akan pulang dan harus terbagi dua pesawat yang berbeda sedangkan saya sendiri harus menemani salah satunya. Masalah kemudian muncul ketika ternyata mobil yang seharusnya disewa tidak bisa menjemput dan harus dialihkan dengan memesan taksi. Solusi dari permasalahan ini adalah memesan taksi dan kemudian mengantar satu rombongan lainnya ke bandara. Karena tidak sesuai ekspektasi awal yaitu mobil pengantar ke bandara, maka harus digantikan dengan menyewa taksi sebagai solusinya. Namun, karena panik dan tidak pernah menghadapi situasi seperti ini di negeri orang, maka kepanikan terjadi sehingga masalah tersebut berlarut dan membuat reaktif dan emosi sesaat, dan kemudian meminta bantuan owner dari trip ini. Alhamdulillah, ternyata taksi bisa dipesan dengan bantuan resepsionis hotel dan saya pun mengantarkan rombongan lain dengan lancar. 

Sedangkan "Drama" dalam artian bersifat; suatu kondisi dan situasi yang melibatkan perasaan dan emosi yang penuh, dalam, serius dan bahkan meluap. Setelah menerima masalah, kadang reaksi orang berbeda-beda, ada yang mengebu-gebu dan reaktif ataupun sebaliknya lambat dalam menanggapi sebuah masalah. 

Reaksi dari masalah inilah yang akan menjadi "Drama" apabila tidak dikelola dan dicarikan solusinya. Bahkan banyak orang yang terjebak dalam masalah setiap harinya tanpa dapat menguraikan masalah tersebut. Ya, banyak orang yang marah, bertengkar, menangis, memukul atau melawan bahkan pingsan serta reaksi lainnya dari masalah yang didapatkan. 

Secara teori, masalah yang dihadapi harus dicarikan solusi, namun kadang banyak faktor sehingga bukan solusi yang didapatkan malah menumkan masalah baru dari masalah yang sudah ada, dan berulang-ulang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Berarti apa yang salah dalam diri ini? Bagaimana agar setiap masalah menemukan solusinya? Dan, setelah itu bisa keluar dari masalah tanpa drama? 

Tips Keluar dari Masalah Tanpa Drama 


Setiap masalah pasti ada jalan keluar, percayalah jika masalah muncul pasti ada sebuah proses pembelajaran berharga buat diri sendiri. Menganalisa sebuah masalah dan faktor yang mempengaruhi sangat penting untuk menemukan solusi terbaik. Dan, inilah tips keluar dari masalah tanpa drama. 

Tenangkan Diri (Menetralkan Diri)

Jangan gegabah atau reaktif terhadap masalah yang muncul, namun cobalkan netralkan diri jika terjadi sebuah masalah. Tenangkan pikiran terlebih dahulu agar bisa melihat masalah tersebut secara lebih mendalam. Bisa jadi masalah tersebut sederhana dan tidak membutuhkan solusi yang rumit. 

Sadari dan Tanyakan Kepada Diri 

Tanyakan kembali kepada diri sendiri, Apa ini? atau Apa yang sebenarnya terjadi disini ? atau Apa yang tidak saya pahami disini ? Dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka kamu akan menjadi tahu bahwa letak masalah dan bisa mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. 

Lakukan Aksi (In Control)

Setelah menanyakan kepada diri sendiri apa yang sebenarnya terjadi, kemudian lakukan aksi. Aksi disini adalah perbuatan yang dilakukan untuk merubah masalah sehingga menemukan solusi. Bisa saja dengan melakukan perubahan sikap, merubah kondisi dan melakukan pilihan yang baik sehingga membawa ke arah perubahan lebih baik. 

Seperti masalah mobil sewa saat membawa rombongan, maka solusi yang terbaik adalah taksi. Jadi, usahakan taksi sudah tersedia pada saat hari kepulangan dan memastikan rombongan tersebut sampai dengan bandara sampai penerbangan. Selain merupakan tanggung jawab sebagai tour leader, ini adalah sebuah jasa yang bisa diberikan kepada klien sehingga bisa memuaskan semua orang. 

Nah, itulah beberapa tips untuk keluar dari masalah tanpa dari bersama Ayu Ayu  Trysnawati, seorang Counselor, Life & Wellness Coach. Oh iya, jangan lupa untuk mengikuti kelas online berikutnya ya dengan tema "Rahasia Temukan Potensi Diri, untuk berkreasi di Masa Sulit". Acara ini dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2022. Silahkan bisa menghubungi Mba Tuty (081362374170). 



You Might Also Like

0 Comments