Keluarga deHakims dan Aisha Keem Luncurkan Lagu Ramadhan

4/09/2022 11:03:00 PM

 keluarga-dehakims

Bagi Keluarga deHakims, Bulan suci Ramadhan bukan waktunya untuk menghentikan aktivitasnya dalam dunia hiburan tanah air, Irfan Hakim dan keluarga termasuk Aisha Keem justru meluncurkan beberapa lagu religius dan berbagai acara di channel youtube keluarga dan lainnya termasuk dehakims aviary. Kedua single tersebut adalah “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya” & “Sajadah Panjang”. Seluruh keluarga deHakims turut serta dalam lagu religius Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya, sedangkan single Sajadah Panjang khusus dinyanyikan oleh Aisha Keem. Sebelumnya, Aisha Keem pernah mengeluarkan single "Dead Light" yang sangat sukses menembus batas usia dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. 

Baca juga : Aisha Keem Luncurkan Single Dead Light

Single Religius Keluarga deHakims, “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya”

keluarga-dehakims-single-ramadhan

Lagu “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya” merupakan sebuah lagu yang pernah tersohor puluhan tahun silam, lagu ini dinyanyikan oleh grup religius "Bimbo". Siapa yang tak kenal dengan Bimbo, puluhan lagu hits dengan penjualan album luar biasa pada masanya.  

Ada anak bertanya pada bapaknya 

Buat apa berlapar-lapar puasa

Ada anak bertanya pada bapaknya

Tadarus tarawih apalah gunanya

Lirik lagu ini mengajarkan banyak hal terutama pada saat bulan Puasa yang sedang berjalan. Keluarga deHakims juga memiliki keterikatan terhadap lagu ini karena memiliki keluarga besar sehingga pastinya banyak sekali pertanyaan pada saat bulan Ramadhan ini berlangsung. Selain itu, liriknya yang sangat yang mudah dicerna dan musiknya yang ‘easy listening’ membuat keluarga deHakims mantap memilih lagu ini untuk dijadikan single Ramadhan

Pengerjaan Music Video (MV) Lagu “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya” termasuk sangat singkat dan membutuhkan pengeditan yang tidak terlalu lama. Irfan Hakim menyatakan memang sengaja membuat MV lagu ini dengan sederhana namun mampu mereprentasikan lirik-lirik yang terdapat dalam lagu. Selain itu, dalam pengerjaannya pun anak-anak tidak dituntut atau dipaksa dalam melakukan syuting, jadi dilakukan dengan natural dan senyaman mungkin bagi anak-anak. Pun dengan beberapa channel yang menyangkut anak-anak, Irfan Hakim tidak mau memaksakan anak-anak agar tampil sepenuhnya, jadi diserahkan pada mood dan kemauan sang anak. 

Irfan Hakim menyatakan bahwa keluarganya adalah keluarga tanpa rencana, artinya semua yang dilakukan merupakan spontanitas namun memiliki tujuan agar anak-anaknya memiliki keterampilan di depan kamera, meskipun nantinya anak-anaklah yang menentukan masa depan masing-masing. Dari sedini mungkin, anak-anaknya diperkenalkan dalam berbagai bidang. Maka dari itu, keluarga deHakims pun memiliki beberapa channel seperti deHakims channel, deHakims Junior, deHakim Aviary, deHakims Story dan Aisha Keem

Single Ramadhan ini aransemen musiknya dikerjakan oleh sahabat lama Irfan Hakim, Aceng Uan. Sementara recording dan mixing dilakukan oleh Irwan Simanjuntak. Pasangan Irfan Hakim dan Della Sabrina yang menikah di tahun 2007 ini telah dikaruniai lima orang anak yaitu Aisha Maydina Hakim (14 tahun), si kembar Rakana Hakim & Raina Hakim (12 tahun), Chafidz Djalu Hakim (8 tahun), dan Dzaky Mohammed Hakim (3 tahun).

Momen kebersamaan keluarga deHakims ini sebetulnya patut dijadikan sebagai contoh yang baik, karena memberikan kebebasan kepada anak-anaknya untuk menentukan kemauannya sendiri. Apalagi anak-anak sudah menginjak masa remaja yang membuat kebersamaan keluarga pun harus diabadikan apapun bentuknya sehingga bisa dikenang pada masa yang akan datang. Bisa dibilang MV lagu religius ini merupakan etalase memori bagi keluarga deHakims


Baca juga : Nostalgia Lagu ABBA Bersama Mamma Mia Live In Jakarta

Aisha Keem Meluncurkan Lagu Religius, “Sajadah Panjang”


Ada sajadah panjang terbentang
Dari kaki buaian
Sampai ke tepi kuburan hamba
Kuburan hamba bila mati
Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunduk dan sujud

Begitulah petikan awal dari lagu "Sajadah Panjang" yang syairnya ditulis dengan sangat indah oleh Taufik Ismail dan dinyanyikan pertama kali oleh Bimbo. Lagu ini mengingatkan betapa kehidupan kerap melenakan sehingga melupakan ibadah. Kali ini Aisha Keem menyanyikan lagu Sajadah Panjang dengan suara lembutnya yang khas ditambah dengan penghayatan lirik yang dalam menjadikan single ini sangat layak diterima ditengah bulan Ramadhan sebagai sebuah alternatif hiburan sekaligus ibadah. 

Irfan Hakim berperan sangat strategis di dalam pengerjaan video clip ini, ia menyutradarai klip lagu ini dengan harapan bisa menghibur sekaligus dakwah. Single Ramadhan ini aransemen musiknya dikerjakan oleh sahabat lama Irfan Hakim, Aceng Uan. Sementara recording dan mixing dilakukan oleh Irwan Simanjuntak.

Sebelumnya, Aisha Keem mengeluarkan single bertajuk Dead Light yang merupakan lagu berbahasa inggris. Kali ini, dalam bulan Ramadhan juga meluncurkan single yang berbeda dengan tema Religius dalam waktu selang beberapa bulan dari single berbahasa inggris tersebut. Secara penguasaan lagu, Aisha Keem sangat menghayati ditambah dengan instrumen lagu Sajadah Panjang yang mencampurkan musik tradisional sehingga menambah khasanah musik yang unik dan enak didengar. 

Sebagai penikmati musik yang awam pun, saya sangat terkesima dengan suara Aisha Keem yang sangat menyatu dengan liriknya, apalagi dengan usianya yang masih tergolong remaja dan belum genap 17 tahun, namun sudah mampu menterjemahkan lagu dengan sangat baik sehingga pesan yang tersimpan dalam lagu pun tersampaikan dengan sangat jelas.


Video klip “Sajadah Panjang” dan “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya” ditayangkan di deHakims Channel. Selain itu, semua channel deHakims menyajikan program khusus dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, diantaranya adalah program “Ngabuburit” yang tayang di deHakims Channel, “Cuanky si Kucing Ajaib” di deHakims Junior, “Artis Hijrah” di deHakims Story dan program lainnya di setiap channel. 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Irfan Hakim Management di nomor telepon 081316153033.

Instagram Irfan Hakim : @irfanhakim75
Instagram Aisha Keem : @aishakeem15

You Might Also Like

0 Comments