Tips Menjadi Pengusaha Muda Sukses Dari Kompas 100 CEO Forum

12/13/2022 12:56:00 PM

 

Apa resolusi kamu di tahun 2023? Puasti banyak banget mulai dari pengen rumah, handphone baru, penampilan baru, dan berbagai hal yang membuat tahun depan lebih baik lagi. Nah, salah satu resolusi yang menarik adalah menjadi pengusaha muda. Siapa sih yang nggak kepengen jadi CEO pada sebuah perusahaan dan sukses dalam berbagai hal? Dengan menjadi pengusaha mudah, maka seluruh kerja keras yang dilakukan selama ini membuahkan hasil.

Sebelum menjadi pengusaha yang sukses, pasti banyak sekali rintangan yang dilalui. Tak heran banyak sekali pengusaha yang memilih mundur dan tidak bisa bersaing dengan pengusaha-pengusaha lain yang memiliki banyak produk bagus dan selalui berinnovasi. Tantangan pengusaha saat ini makin banyak karena banyak hal yang harus dilakukan baik offline maupun  online. 

Nah, lalu bagaimana caranya menjadi pengusaha muda yang sukses dan memiliki banyak usaha yang diminati oleh konsumen baik di offline maupun online. Yuk simak Tipsnya.

Tips Menjadi Pengusaha Muda


Menjadi pengusaha muda sukses bisa jadi resolusi siapa saja namun yang mampu mewujudkan dan berakhir dengan title CEO, mungkin tidak lebih dari 5 persen orang yang memulainya. Nah, lalu apa saja sih rahasia dan tips sukses menjadi pengusaha ? Ini dia tispnya.

Memilih Usaha Sesuai Passion

Saat ditanya apa sih usaha yang akan dijalankan? Kadang banyak yang memilih yang lagi tren saat ini, tanpa memikirkan kelanjutan usaha dan penguasaan dalam bidang tersebut. Tak heran usaha yang dijalankan hanya berumur 1 tahun bahkan kurang. Usaha yang didahului dengan minat yang besar didalamnya, tentu menjadi keuntungan tersendiri. 

Passion disini adalah kebisaan bisa termasuk hobi dan keahlian yang dimiliki. Kalau saya sangat senang dengan traveling, jadi usaha yang dilakukan tak jauh-jauh dari bisnis traveling. Selain traveling, saya suka mengedit video dan foto, maka saya pun bisa mengembangkan bisnis dari skill yang saya miliki ini. Masih banyak peluang usaha yang sesuai dengan passion, semakin digali dan diselami, maka bukan tidak mungkin bisa menjadi sesuatu hal yang besar nantinya. 

Lakukan Riset Mendalam

Banyak sekali pengusaha yang gagal karena tidak melakukan riset terlebih dahulu, akibatnya bisnis yang dijalankan gagal ditengah jalan. Nah, riset dilakukan agar bisa mendapatkan gambaran menyeluruh bisnis baik dari segi produk, pasar, bahan baku dan lainnya. Namun, jika riset yang dijalankan telah cukup meyakinkan, maka bisnis tersebut layak dijalankan.

Banyak Bertanya Kepada Ahli

Punya banyak teman pengusaha? Manfaatkanlah hal tersebut tersebut untuk bertanya-tanya dari mulai awal sampai akhir, mulai dari riset produk, pemasaran, innovasi dan lainnya. Jika merasa kesulitan dalam hal tertentu, maka diskusikan atau tanyalah secara spesifiki kepada teman atau mentor yang mau mendampingi dari nol. Manfaatkan segala peluang diskusi dan sharing untuk menimba ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya. 

Motivasi Dan Inovasi

Memiliki modal, riset mendalam dan telah melakukan banyak diskusi tidak ada artinya tanpa motivasi dalam diri untuk menjadi pengusaha sukses. Motivasi yang kuat dan niat untuk melakukan yang terbaik disegala hal menjadi point penting dalam berbisnis. Tanpa motivasi, bisnis yang dijalankan akan menjadi bisnis semata tanpa adanya gairah, dan dalam waktu yang tak lama bisnis tersebut tidak berumur panjang.

Selain Motivasi, dibutuhkan inovasi produk yang terikini. Produk yang dihasilkan harus mampu memberikan solusi dari permasalahan di masyarakat saat ini, kemudian dilakukan inovasi-inovasi sehingga bisnis yang dijalankan akan berlangsung lama.

Disiplin Dan Tidak Takut Mengambil Resiko

Displin adalah salah satu kunci yang harus ditanamkan untuk menjadi pengusaha sukses. Dengan displin, segala rencana dan hal yang akan dilakukan menjadi semakin cepat dan sesuai dengan target yang direncanakan. Selain itu, jangan takut mengambil resiko karena pada dasarnya semua bisnis memiliki resiko yang sama dan berakhir gagal, namun bisa diantisipasi dengan riset dan rencana yang matang. 

100 CEO Sukses di Kompas 100 CEO Forum

Kompas 100 CEO Forum ke 13 yang diselenggarakan oleh Kompas merupakan forum dialog antar kelompok kepentingan di sektor bisnis. Main forum Kompas100 CEO Forum berlangsung pada Jumat seminggu lalu di Istana Negara.

Menko Perekonomian, Menko Polhukam, dan Menkeu menjadi pembicara dalam diskusi panel yang membahas tantangan dan langkah percepatan pemulihan di tahun 2023. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga hadir untuk menyampaikan pidato kepemimpinan tentang optimisme dan upaya untuk menyebarkannya. Serta tujuh CEO yang mewakili bidang ekonomi yang seolah menyampaikan aspirasinya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Presiden Direktur JNE Bapak M. Feriadi Soeprapto menghadiri Kompas 100 CEO Forum di Istana Negara Jakarta ini yang dihadiri oleh sebanyak 100 CEO dari seluruh penjuru tanah air dari berbagai bidang usaha. Selama ini, JNE senantiasa selalu memberikan yang terbaik, apalagi di usianya yang genap 32 tahun ini berbagai macam prestasi yang ditorehkan menjadi salah satu contoh bagi pengusaha untuk dijadikan sebuah role model. 
Nah, kamu bisa mengikuti seluruh kegiatan dan acara yang dilakukan oleh Presiden Direktur JNE dan lainnya melalui https://jnewsonline.com/ .

You Might Also Like

0 Comments