Zenfone 9, Smartphone Mungil Teman Traveling

12/17/2022 11:48:00 PM

 

Salah satu yang membuat traveling atau liburan ini menyenangkan adalah dengan menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu sesuai dengan deadline, tanpa harus menunda karena alat pendukung yang tidak memadai seperti kamera dan laptop. Kamera dan laptop bagi seorang content creator itu ibarat busur dan anak panah yang harus disiapkan untuk menembak sasaran dengan tepat tanpa melest sedikit pun. Nah, bagaimana jadinya jika alat yang seharusnya membantu pekerjaan ternyata malah menjadi boomerang tanpa memberikan hal yang diinginkan.

Teman saya pernah bilang kalau misalnya berat bawa laptop diatas 2 kg, maka bisa diganti dengan laptop yang lebih tipis dengan berat sekitar 1 kg. Selain berat laptop, hal yang menjadi concern jika membawa laptop pada saat traveling adalah dimensinya. Ya, beberapa laptop memiliki dimesi yang sangat besar bahkan sangat penuh ketika dimasukan kedalam backpack dengan kapasitas besar seperti 60 liter tersebut. Nah, teman saya juga menyarankan untuk membeli smartphone dengan dimensi yang lebih kecil namun secara inch tetap sama bahkan lebih enak jika digunakan untuk mengedit video dan foto.

Hal-hal Yang Membuat Zenfone 9 Layak Sebagai Teman Traveling

Desain 

Zenfone 9 ini memiliki dimensi hanya 146,5 x 68,1 x 9,1 mm dan berat hanya 169 gram. Ya, ini adalah smartphone yang sangat ringkas.

Dari ukurannya, kami dapat mengetahui bahwa perangkat ini sangat ringkas. Bobotnya juga cukup ringan. Bagian belakang smartphone ini terbuat dari polikarbonat.
Namun, dengan proses pembuatan khusus, ASUS menawarkan permukaan dengan tekstur halus yang terasa seperti kain. ASUS mengatakan permukaan ini akan bebas sidik jari dan tidak licin.

Permukaan belakangnya datar, dengan lekukan halus di keempat sisinya. Ini mencegah bagian belakang membentuk sudut yang tajam dengan bingkai.


Layar

Salah satu alasan konsumen mencari smartphone baru ASUS ini adalah ukurannya yang ringkas. Dimensi layar ASUS Zenfone 9 tetap sama dengan pendahulunya yaitu 5,9 inci, artinya masih lebih kecil dari dua rival flagship Android kecil lainnya seperti Galaxy S22 dan Xiaomi 12. Bezel bawah selalu masih sedikit lebih tebal, namun tiga lainnya sisi termasuk ukuran kamera. Lubangnya pun sudah sangat kecil.

Dengan panel Super AMOLED 120Hz, gambar yang ditampilkan di
benar-benar memanjakan pemandangan. Kontras tinggi, warna yang akurat, dan pergerakan yang lancar hampir tidak memenuhi standar rilis andalan tahun 2022.

Pengguna juga dapat memilih kecepatan refresh yang diinginkan, dari Auto/60/90/120Hz. Terdapat empat preset warna yang dapat dipilih serta opsi kustom yang sesuai dengan selera Anda.

The ASUS Zenfone Ukuran layar 9 masih cukup untuk penggunaan sehari-hari, termasuk menonton video dari platform streaming favorit. Mengetik dengan dua jari nyaman, bekerja dengan satu tangan nyaman. Anda dapat dengan mudah menjangkau pojok atas layar tanpa mengaktifkan mode satu tangan, meskipun mode itu juga tersedia.

Layar kaca ASUS Zenfone 9 memiliki sedikit lekukan 2.5D, yang sudah ditutupi oleh Gorilla Glass Victus, namun sayangnya tanpa pelindung layar yang dipasang pabrikan. Meskipun lekukannya lebih tahan gores, lekukannya rentan terhadap goresan akibat gesekan permukaan berbagai jenis bahan, mulai dari tas hingga tas hingga permukaan meja saat dibalik.

Prosesor 

Sebagai pusat data, Zenfone 9 menggunakan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 terbaru yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 6GB dan penyimpanan UFS3.1 berkapasitas 128GB untuk varian yang saya gunakan hari ini dan Storage untuk hari ini Zenfone 9 lainnya tidak menawarkan slot micro SD. Untungnya, ada varian lain dari ponsel ini yang menggunakan RAM hingga 16 GB lebih banyak dan penyimpanan 256 GB.

Secara umum, performa ponsel terbilang cepat untuk penggunaan sehari-hari. Terasa lancar bahkan saat memainkan game Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi. Speaker stereo Zenfone 9 juga memiliki kualitas yang sangat baik untuk sebuah ponsel, yang sangat cocok sebagai partner gaming.

Kamera

Kamera Asus Zenfone 9 memiliki sensor kamera ganda di bagian belakang, dengan pengaturan kamera utama 50MP dan kamera ultra lebar 12MP. Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie 12MP yang terletak di kiri atas layar, sedangkan kamera belakangnya bagus untuk mengabadikan momen dengan lensa wide-angle atau ultra-wide-angle. Namun dalam kondisi minim cahaya, kamera Zenfone 9 masih memiliki sedikit noise. Namun dengan fungsi mode malam, ada baiknya mengurangi kebisingan kameraZenfone 9.

Nah, begitulah kira-kira beberapa hal yang dibutuhkan untuk sebuah gdget yang bisa dibawa kemana-kemana terutama pada saat traveling. 


You Might Also Like

0 Comments