Santai Aja Lagi, Permainan Kartu Seru Untuk Mengisi Liburan

12/29/2022 07:30:00 AM

  

"Man, besok ada meeting ya, jam 9 pagi. Jangan telat."

Teman mengingatkan bahwa besok ada meeting penting dan menentukan nasib projcet yang sedang dijalani saat ini. 

"Man, jangan lupa deadline artikel ya. Besok pagi loh."

Tak selang berapa lama, teman yang satu project penulisan pun mengingatkan bahwa ada deadline satu artikel. 

"Man, jangan lupa ya, besok ditunggu desain untuk siklus keuangan project kita."

Bukan hanya satu atau dua pekerjaan, namun banyak pekerjaan. Ingin rasanya segera menyelesaikan tugas tersebut dan bersantai. Santai Aja Lagi, ingin rasanya bersantai dan keluar dari rutinitas kejenuhan. Kamu merasakan hal yang sama nggak sih? 

Bukan hanya saya saja yang merasakan bahwa bersantai itu sesuatu yang jarang dilakukan, apalagi kehidupan ibukota yang menuntut semuanya serba cepat dan terselesaikan semua deadline kerjaan. Tak jarang dari kehidupan yang menuntut banyak waktu ini mengakibatkan stress bahkan berakibat fatal menyebabkan depresi. Hal yang terburuk bukan hanya jiwa saja yang sakit, biasanya fisik akan terpengaruh karena pikiran yang sakit. 

Nah, salah satu cara atau tips mengatasi kejenuhan, stress dan berbagai persoalan bisa dengan permainan seru bernama Santai Aja Lagi. Pernah dengar permainan kartu yang seru ini belum? 

Tips Mengatasi Stress Dengan Santai Aja Lagi 

Kerjaan yang terus menerus itu bikin jenuh dan kreativitas menurun. Kadang tanpa disadari jika terjadi kelelahan dan bertubi-tubi masalah maka stress akan melanda, bahkan lebih dari itu, bisa meyebabkan depresi. Pandemi lalu, banyak sekali berbagai masalah mental melanda, karena tidak bisa Santai dan cenderung overthinking. 

Sebagai orang yang selalu memikirkan hal-hal yang kecil dan bisa berubah menjadi hal yang besar dan bermasalah, Santai Aja Lagi itu merupakan sesuatu yang bisa membuat saya lebih tenang. Apalagi ditengah kesibukan yang sepertinya tidak terputus dan makin banyak pekerjaan, menyebabkan saya tidak bisa bersantai. 

Nah, saya memiliki formula dan tips untuk mengatasi kejenuhan, stress atau bahkan depresi karena memikirkan sesuatu hal yang tak seharusnya dipikirkan. Nah, ini dia tipsnya :

Lakukan Sesuatu Hal Berbeda 

Setiap hari melalui jalan yang sama, dan lagi-lagi menemukan masalah yang sama. Bahkan setiap haripun terasa begitu sama dan membuat bosan. Kadang melakukan hal-hal kecil dan berbeda bisa membuat hari terasa berbeda. Misalnya saja, hari ini biasanya melalui jalan  yang berbeda, pasti akan menemukan hal-hal yang berbeda, misalnya menemukan warung yang unik dan penjualnya sangat ramah, membuat hati senang. Atau jika biasanya membeli makan siang di warung sebelah kantor, maka sesekali makan di mall yang banyak promonya dengan teman kantor, pasti akan merubah suasana.

Lakukan Hal Lain Sejenak 

Sedang jenuh, dan butuh melakukan hal lain, misalnya bisa melakukan hal lain, meracik minuman di patry atau sekedar memesan cemilan yang sedang promo. Hal ini bukan malah menghambat pekerjaan, namun sebaliknya bisa menjadi penyemangat kembali pada saat jenuh dan bosan dengan pekerjaan yang sedang dirasakan. 

Take A Break 

Sudah capek dan butuh istirahat, lakukanlah break sebentar. Misalnya dengan tidur siang sejenak, melakukan pijat sebentar atau lakukan hal yang yang bisa membuatmu merasakan break yang tak biasanya. Oh iya, kalau saya biasanya akan melakukan shopping atau sekedar main ke mall, atau jika badan merasakan pegal dan capek, biasanya saya ke tempat pijat. 

Bermain Santai Aja Lagi 

Nah, salah satu tips lain yang bisa diterapkan adalah bermain Santai Aja Lagi. Sebuah permainan kartu yang lain daripada yang lain. Kenapa lain? Karena menyuguhkan gaya bermain seru dan bisa dimainkan banyak orang, jadi bisa bermain-main dengan teman kantor, sahabat, keluarga dan tetangga. Dengan bermain bersama-sama, maka satu persatu persoalan yang melanda biasanya bisa 

Penasaran nggak sih dengan permainan kartu Santai Aja Lagi ini? 

Cara Bermain Seru Santai Aja Lagi 

Nah, bagi yang penasaran apa itu Santai Aja Lagi, saya akan jelaskan panjang dan lebar mengenai cara bermain supaya lebih seru. Namun sebelumnya, Santai Aja Lagi adalah permainan kartu jenis party game yang dirancang khusus untuk bikin rusuh satu tongkrongan ketika memainkannya. Dalam permainan ini, kita diajak untuk melengkapi sebuah kalimat yang tidak utuh menjadi kalimat yang lucu. Model permainan ini cukup populer secara global, salah satu yang banyak dimainkan adalah permainan kartu bernama Cards Against Humanity.

Permainan ini diluncurkan pertama kali pada 2018 secara indie. Hingga saat ini sudah terjual hingga 5000 copy di Indonesia. Merespon minat yang besar terhadap permainan ini, maka ke depan akan diperkaya dengan beragam kartu ekspansi. Saat ini ada 3 produk ekspansi yang sedang dirancang, yaitu Edisi Wibu, Edisi Wong Jowo, dan Edisi Azab.

Permainan Santai Aja Lagi ini diperuntukan bagi usia 17 tahun keatas (dewasa muda) karena memang terdapat beberapa lelucon yang dewasa dan tidak baik jika dimainkan oleh anak-anak dibawah umur. Permainan ini sangat menyenangkan banget karena bisa dimainkan banyak orang termasuk teman, sehabat, keluarga atau bahkan tetangga dalam berbagai kesempatan seperti reuni, staycation, healing, atau sedang ice breaker. Seru banget, dan sangat berbeda.

Lalu bagaimna cara bermain permainan kartu Santai Aja Lagi? 

Inilah Cara Bermain Santai Aja Lagi 



Sebelum membahas cara bermain Santai Aja Lagi, di dalam box terdapat 1 lembar kartu petunjuk, 100 kartu hijau sebagai kartu soal, dan 500 kartu putih sebagai kartu jawaban. Permainan ini bisa dimainkan oleh 4-20 orang, jadi bisa beramai-ramai. 

Terdapat beberapa peraturan dalam permainan Santai Aja Lagi, yaitu

Satu orang akan menjadi bandar dan akan membacakan soal

Nah, untuk menentukan siapa yang menjadi bandar dalam permainan ini, adalah orang paling lama jomblo diantara peserta. Nah, siapa yang paling lama menjomblo hayo ngaku.

Pemain Lain Setor Ke Bandar Terus DiKocok

Setelah membacakan soal, maka bandar akan mengumpulkan jawaban dari seluruh peserta. Peserta harus menghafal jawaban apa yang dipersiapkan untuk menjawab persoalan tersebut.

Bandar Membacakan Satu Per Satu Jawaban

Setelah mengumpulkan seluruh jawaban dari seluruh peserta, lalu bandar akan membacakan satu persatu jawaban, sambil diingat kembali jawaban dari siapakah kartu tersebut. 

Bandar akan memilih jawaban yang paling ngakak

Nah, bandar akan memilih jawaban yang paling ngakak dari seluruh jawaban yang diberikan oleh peserta. 

Peserta dengan jawaban terngakak tersebut akan mendapatkan 1 poin

Nah, peserta dengan jawaban yang paling ngakak tersebut akan mendapatkan 1 poin. Begitulah cara bermain. Nah, pemain yang paling awal mengumpulkan 10 poin akan menjadi pemenang (starndar rule). Tetapi jumlah poin untuk menang bisa diatur sesuai dengan para pemain, contohnya 5 poin untuk permainan lebih singkat, atau poin 15 untuk permainan lebih panjang.

Selain standard rule terdapat beragam rule yang bisa diterapkan seperti plonco rule, tawuran rule, pemilu rule, presiden rule, dmeo rule, dan garing rule. Tawuran rule misalnya tidak akan ada bandar, dan jumlah pemain akan dibagi menjadi 2 kubu. Tujuannya adalah membuat anggota kubu lawan tertawa saat kartu jawaban dibacakan. Jumlah kartu jawaban yang diajukan sesuai dengan jumlah orang di kubu kecil jumlahnya.

Keunggulan Permainan Santai Aja Lagi


Santai Aja Lagi ini memiliki berbagai keunggulan diantara permainan lain, antara lain :

Permainan ini cocok dengan kultur orang Indonesia yang suka berkumpul dan bergurau

Permainan Santai Aja Lagi sangat mencerminkan budaya orang Indonesia yang sering berkumpul naik kumpul keluarga, arisan, reuni, nongkrong dan berbagai aktivitas berkumpul lainnya, sehingga yang tadinya menjadi sepi dengan gadget masing-masing menjadi sangat seru dengan permainan satu ini.

Peraturan permainannya dapat dipahami dalam waktu 1 menit saja, bahkan siapapun bisa memodifikasinya untuk meningkatkan keseruan bermain yang sesuai dengan kelompoknya

Permainan ini memang terdapat peraturannya, namun bisa diubah sesuai dengan kebutuhan dan jumlah peserta yang hadir. Bisa saja memainkan standard rule atau rule lain seperti plonco rule, tawuran rule, pemilu rule, presiden rule, dmeo rule, dan garing rule. Jadi bisa dimodifikasi sesuai dengan momen dan kemauan semua peserta. 

Permainan ini dapat dimainkan oleh siapapun untuk berbagai situasi, baik sebagai ice-breaker maupun untuk mengisi saat senggang

Nah, Santai Aja Lagi ini memang sangat berbeda, karena bisa dimainkan dalam keadaan apapun dengan jumlah peserta permainan 4 atau lebih sampai 20 orang. Bisa menjadi ice breaker pada saat kegiatan atau acara reuni, healing, staycation, outing atau berbagai macam acara lain bahkan pada saat acara seminar. 

Informasi Official Store Santai Aja Lagi

Saat ini kartu Santai Aja Lagi sudah tersedia di banyak toko boardgame di Indonesia. Kecuali kartu ekspansi masih belum secara resmi dirilis. Untuk saat ini produk ekspansi hanya bisa didapatkan di official store Santai Aja Lagi sebagai bonus atau di akun media sosial Santai Aja Lagi sebagai hadiah giveaway. 

Official Store https://www.tokopedia.com/santaiajalagiofficial 

Official Account Social Media https://www.instagram.com/santaiajalagi.official

You Might Also Like

0 Comments