Menikmati Bandung, Liburan Cara Aku

12/26/2022 01:56:00 PM


Bandung masih menjadi destinasi yang menyenangkan bagi saya. Ya, saya telah berulang kali ke Bandung, namun tak membuat saya bosan sama sekali, malaha saya selalu menantikan momen ke Bandung kembali. Kalau dulu saya harus menghitung destinasi apa saja yang harus dikunjungi sambil melihat media sosial yang sedang tren, maka saat ini saya lebih mengutamakan silaturahmi dan bertemu dengan teman. Meskipun tak pernah diagendakan, namun secara tak sengaja saya kembali bertemu teman di Bandung. Walaupun teman saya ini saat ini telah tinggal 2 tahun di Bali, namun Bandung ternyata masih memberikan memori, jadilah kami janjian di Bandung. Tak sengaja ternyata teman lain yang sudah lama tak bersua pun kini berada di Bandung, kami berempat bertemu di Bandung, dalam gemericik hujan dan udara yang sedikit sejuk. 

Bandung, Sebuah Pembuktian


Bumi Pasudan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum, begitulah kira-kira yang ditulis oleh M.A.W. Brouwer. Beliau memang benar, Tuhan memang sedang tersenyum ketika Pasundan diciptakan. Di bumi inilah bahkan mimpi-mimpi saya terukir indah dan manis. Saat kuliah, saya bermimpi memiliki prestasi yang bisa dibanggakan, bukan hanya sebagai mahasiwa biasa. Dan, ternyata saya terpilih sebagai salah satu finalis dari sebuah kompetisi proposal bisnis yang diadakan oleh ITB pada saat itu. Saya dan kedua teman saya tak menyangka bisa menjadi salah satu finalis, pasalnya memang perlombaan ini dari seluruh Indonesia, bahkan harus melawan banyak nama besar seperti UI dan ITB. 

Setelah melakukan presentasi dihadapan tokoh yang selama ini saya lihat di televisi saja, akhirnya saya dan teman-teman pun lega sekaligus deg-degan menunggu hasil akhir. Ternyata tak disangka, tim saya pun mendapatkan juara ketiga dalam kompetisi ini. Saya tak menyangka dan terharu atas pencapaian ini. 

Tahun berganti, Bandung kembali memanggil. Kali ini bukan kompetisi proposal bisnis, namun masih dalam lingkup yang sama yaitu kompetisi ilmiah dan pesertanya kali ini lebih banyak dari sebelumnya dan kali ini diselenggarakan oleh MITI dan UPI Bandung. Walaupun tak meraih juara dalam kompetisi tersebut, namun saya tetap tersenyum karena bisa mengalahkan banyak universitas lain dan terpilih sebagai salah satu finalis. Saya merasa bangga dan Bandung selalu memberikan momeri yang manis dan keberuntungan yang tak disangka-sangka. 

Cara Bahagia Menikmati Bandung Versi Aku

Bandung dan Bahagia, sepertinya Tuhan sudah mengatur semuanya. Kenangan manis itu selalu saya bawa sampai kapapun di Bandung ini. Dan, dari kenangan tersebut saya pun punya cara tersendiri untuk menikmati Bandung, bukan hanya berlomba-lomba untuk kesuatu tempat viral namun bisa lebih menikmati momen, apalagi bisa bersilaturahmi bersama teman-teman yang sudah lama tak bersua, sehingga diperlukan cara tersendiri. 

Penasaran nggak sih bagaimana cara bahagia menikmati Bandung versi aku? Pastinya kan? Nah, ini dia tipsnya.

Pesan Transportasi Ke Bandung Jauh Hari

Biasanya karena Bandung sangat dekat dari Jakarta, maka pesan kereta atau travel biasanya mendekati hari keberangkatan. Namun, ternyata setelah dicek kembali, harganya sudah sangat mahal dan tiket pun habis. Nah, hal ini bisa dihindari dengan cara membeli tiket jauh-jauh hari, kalau bisa maksimal seminggu sebelumnya sudah dipesan.

Pesan Akomodasi Jangan Mepet

Nah, sama dengan pemesanan transportasi ke Bandung, pesan hotel juga jangan mepet waktu ya. Apalagi pada musim liburan di penghujung akhir tahun atau awal tahun serta musim liburan sekolah. Usahakan untuk memesan hotel maksimal seminggu sebelumnta, selain bisa menikmati harga yang lebih murah, pilihan hotel yang bagus serta strategis pun biasanya masih bisa dipesan, apalagi hotel yang menjadi incaran semua orang. 

Sewa Kendaraan 

Biasanya jika liburan, apalagi weekend, maka waktu habis digunakan hanya untuk kesana-kemari dan macet-macetan. Jika tidak diperhitungkan dengan baik, maka bisa jadi waktu kamu akan habis dan hanya bisa menikmati satu atau dua tempat saja. Sangat disarankan menyewa kendaraan seperti mobil atau motor agar bisa menghindari kemacetan yang tak bisa terurai. 

Atur Itinerary Dengan Baik 

Nah, satu hal yang paling penting adalah atur itinerary dengan baik dan bijak ya, jangan sampai karena pengen menjelajahi Bandung, maka bikin itinerary secara semena-mena tanpa memperhatikan jarak dan kemacetan yang terjadi apabila Weekend. Cara paling baik untuk menyusun itinerary adalah dengan menyiapkan google maps dan memilih destinasi yang akan dikunjungi. Setelah itu perhitungkan watu tempuh dari satu destinasi ke destinasi yang lain. 

Itinerary Walking Tour Bandung, Liburan Cara Aku 


Karena saya memang tidak mengejar semua destinasi di Bandung, apalagi daerah di luar Kota, saya berusaha untuk merangkai itinerary khususnya bagi yang baru pertama kali mengunjungi Bandung. Itinerary ini memang seperti walking tour Bandung karena antara destinasi satu dengan yang lain jaraknya hanya ratusan meter saja, bahkan bisa dinikmati sambil foto-foto dan menikmati suasana Bandung yang semakin syahdu, apalagi pada waktu sore dan sedang hujan. 

Oh iya, Itinerary ini saya buat hanya untuk 2 hari 1 malam atau weekend escape di Bandung. Penasaran nggak dengan Itinerary yang share? pasti dong sudah penasaran dengan Itinerarynya. 

Stasiun Kota Bandung

Saat pertama kali ke Bandung, pasti salah satu hal yang akan dilakukan adalah berfoto di Stasiun Kota Bandung. Stasiun ini salah satu yang iconic dan sangat disarankan untuk berfoto di depan stasiun yang masih sangat terawat dengan gedung peninggalan zaman Belanda dulu. 

Taman Balaikota Bandung 

Taman Balaikota Bandung ini sangat dekat dengan Stasiun, tak lebih dari 2 kilometer sehingga bisa dijangkau dengan ojek atau kendaraan online. Taman ini sangat terlihat mempesona dari luar karena terlihat dari jalan besar. Selain itu taman ini sangat bagus dengan berbagai fasilitas seperti area bermain. Salah satu yang wajib dikunjungi.

Gedung Sate 

Beralih ke salah satu gedung iconic di Bandung yaitu gedung Sate. Kamu bisa mengunjunginya setelahnya karena lokasinnya tak jauh dari taman Balaikota. Tak hanya itu, gedung ini menjadi salah satu gedung pemerintahan yang paling mudah diingat karena terlihat memiliki tusuk sate diatas atapnya sehingga wajib berfoto disini. 

Museum Geologi 

tak jauh dari Gedung Sate terdapat Museum Geologi yang mungkin tak banyak orang tahu. Museum ini persis disebelah gedung sate, namun memang tempatnya tak terlihat begitu jelas karena terhalang oleh gedung sate itu sendiri. 

Taman-Taman Di Sekitar Gedung Sate

Nah, selain itu terdapat taman-taman yang unik dan menarik disekitaran gedung sate seperti Taman Gasibu, Taman Gedung Sate, Taman Lansia dan masih banyak taman disekitaran gedung tersebut. Jika dikunjungi satu persatu memang akan memakan waktu. 

Jalan Braga 

Jalan Braga merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi apalagi juga menjadi salah satu ikon kota Bandung. Jalan Braga saat ini telah menjadi menjelma menjadi jalan yang sangat ramai dan banyak sekali kuliner dan tempat untuk berfoto. Bahkan hotel atau akomodasinya pun sangat unik karena merupakan gedung tua. 

Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika juga menjadi salah satu ikon yang wajib dikunjungi apalagi merupakan tempat bersejarah yang menjadi saksi diselenggarakannya salah satu konferensi paling penting pada masa itu yaitu KTT Asia Afrika pertama. 

Konferensi Tingkat Tinggi Asia–Afrika (disingkat KTT Asia Afrika atau KAA; kadang juga disebut Konferensi Bandung) adalah sebuah konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika, yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan. KAA diselenggarakan oleh Indonesia, Myanmar (dahulu Burma), Sri Lanka (dahulu Ceylon), India dan Pakistan dan dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Sunario. Pertemuan ini berlangsung antara 18-24 April 1955, di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia dengan tujuan mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme Amerika Serikat, Uni Soviet, atau negara imperialis lainnya.

Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung, yang dulu dikenal dengan nama Masjid Agung Bandung (Aksara Sunda: ᮙᮞ᮪ᮏᮤᮓ᮪ ᮛᮚ ᮘᮔ᮪ᮓᮥᮀ) adalah sebuah masjid raya yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Status masjid ini adalah sebagai masjid provinsi bagi Jawa Barat. Masjid ini pertama dibangun tahun 1810 dan sejak didirikannya telah mengalami 8 kali perombakan pada abad ke-19, kemudian 5 kali pada abad 20 sampai akhirnya direnovasi lagi pada tahun 2001 sampai peresmian Masjid Raya Bandung 4 Juni 2003 yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat saat itu, H.R. Nuriana. Masjid baru ini, yang bercorak Arab, menggantikan Masjid Agung yang lama, yang bercorak khas Sunda.

Bandung On Bus Tour (Bandros)

Bandros atau singkatan dari Bandung On Bus Tour merupakan salah satu aktivitas menyenangkan di Bandung. Apalagi pada saat mengunjungi Masjid Raya Bandung, maka wajib naik Bandros dan berkeliling menuju ke berbagai daerah. 

Tempat menarik yang dilewati Bandros diantaranya adalah : 
- Taman Dewi Sartika
- Bandung Planning Gallery
- Taman Radio
- Gedung Sate
- Taman Cibeunying
- Pet Park
- Taman Superhero
- Taman Foto
- Gedung Rumentang Siang
- Gedung Pensil
- Titik 0 KM Bandung
- Gedung Merdeka
- Alun-alun Bandung
- Jalan Braga
- Gedung Indonesia Menggugat

Memilih Akomodasi Di Bandung 


Nah, kalau kamu mau booking hotel bisa di Traveloka dengan banyak pilihan hotel yang menarik seperti hotel yang di Braga. Kamu bisa memesan berbagai macam akomodasi mulai dari yang murah sampai ke yang mahal guys. Nah, hotel pilihanku ini adalah Gasinn yang mrupakan salah satu hotel heritage dengan bangunan yang tua namun difungsikan sebagai retsoran dan hotel. Bahkan kamu bisa foto-foto dan menikmati kopi dengan pemandangan jalan Braga yang luar biasa banget. 

Oh iya, kenapa sih memilih hotel di Braga? Karena merupakan jalan yang ramai dan tak pernah sepi, serta banyak banget cafe-cafe lucu, serta kuliner unik serta viral tentunya. Nah itu dia cara menikmati Bandung dengan tenang dan berbeda, karena tidak perlu buru-buru dalam menikmati sesuatu, karena kamu bisa #LifeYourWay , kamu bisa memilih liburan dengan caramu atau cara aku sendiri. Enjoy your holiday guys. 

You Might Also Like

0 Comments