Hal Positif Yang Dilakukan Pada Saat Ulang Tahun

12/02/2022 11:57:00 AM

 

 "Ulang tahunmu adalah awal tahun baru pribadimu. Ulang tahun pertamamu adalah permulaan, dan setiap ulang tahun baru adalah kesempatan untuk memulai lagi, mengambil pegangan baru dalam hidup." - Wilfred Peterson

Setiap Ulang Tahun, rasanya tambah tua dan merasa belum bisa mencapai apa yang diimpikan dan dicita-citakan. Rasanya usia itu bertambah begitu cepat tanpa bisa merasakan sesuatu yang berbeda dalam hidup. Tambah usia rasanya tambah beban dan tanggung jawab yang akan dipikul. Namun, Wilferd Peterson punya kata-kata bijak yang bisa menjadi pegangan pada saat ulang tahun, bahwa ulang tahun itu awal tahun baru pribadimu. Setiap orang memiliki masa lalu, baik itu kelam dan berliku, namun juga banyak pencapaian yang tak disadari. Ulang tahun adalah kesempatan untuk memulai lagi, mengulang dari awal apapun yang pernah dan gagal dilakukan. 

Beruntung, ulang tahun saya berdekatan dengan tahun baru, hanya berjarak 4 hari setelah tahun baru. Jadi, momen tahun baru rasanya pas untuk memulai kembali dan introspeksi kembali apa yang sudah dilakukan dalam setahun ini. Kadang ada suka, ada duka dan berbagai macam kegagalan maupun pencapaian. Saya merasa setahun lalu memang banyak sekali hal terjadi, yang membuat saya belajar untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab baik dengan pekerjaan dan diri sendiri. Jangan sampai karena kerja keras sampai mengabaikan kesehatan. Bukannya mencapai tujuan menjadi orang sukses, malah sakit-sakitan dan menghambat produktivitas. Semoga hal nggak terjadi lagi dan bisa menjadi pembelajaran bagi semua orang. 

Alhamdulillah, selama satu tahun ini sudah bisa mengunjungi satu tempat baru. Satu tempat yang dahulunya merupakan gunung purba ketika erupsi menutup sebagain besar bumi. Inilah Danau Toba, salah satu destinasi wisata yang paling diminati di daerah Sumatera. Dan, tempat ini menambah tempat yang suatu saat akan dikunjungi kembali. Karena sering mengunjungi berbagai tempat di Indonesia, Danau Toba ini rasanya sangat istimewa karena memiliki kelokan dan pemandangan luar biasa disetiap sisi Danaunya. 

Oh iya, kadang orang bilang kalau merayakan ulang tahun itu harus besar dan berpesta, namun mesti harus seperti itu. Kalau saya biasanya hanya makan dan berkumpul bersama teman dekat tanpa adanya pesta. Walaupun tanpa pesta, namun saya merasa sangat bahagia.

Nah, apa saja sih hal-hal positif yang bisa dilakukan pada saat ulang tahun? 

Hal Positif Yang Dilakukan Pada Saat Ulang Tahun

Saat ulang tahun, selain pesta pora dan menghabiskan uang dengan jumlah yang begitu banyak, banyak hal lain yang bisa dilakukan. Memang saat ini stigma bahwa ulang tahun mengharuskan mengelar pesat itu sangat kuat, namun kalau misalnya banyak sekali kebutuhan dan keuangan belum stabil, rasanya tidak bijak mengikuti trend ini. 

Banyak banget hal yang bisa kamu lakukan selain pesta seperti memberikan makanan kepada orang membutuhkan, makan sederhana bersama keluarga dan teman, me time dan memberikan reward kepada diri sendiri, refleksi atau introspeksi diri, dan lain-lain.

Jangan Berpesta Dan Mengikuti Trend

Kadang kala karena merasa gengsi dan mengikuti trend, akhirnya menggelar pesta yang meriah. Boleh saja menggelar pesta dan mengikuti trend, namun jangan memaksakan diri. Kalau misalnya tidak memiliki penghasilan cukup dan masih banyak kebutuhan lain seperti uang kuliah, kayaknya lebih baik memprioritaskan hal tersebut terlebih dahulu. 

Makan Sederhana Bersama Keluarga Dan Teman

Daripada menggelar pesta misalnya, lebih baik makan bersama keluarga dan teman dekat. Bukan karena tidak mau menggundang yang lain, namun daripada terbebani dan tidak enjoy. Dengan kumpul bersama keluarga dan teman dekat, menjadikan hubungan akan terasa lebih dekat dan menghargai satu sama lain. Mungkin selama ini karena kesibukan masing-masing jarang bertemu. 

Berbagi Kepada Yang Membutuhkan 

Selain makan bersama keluarga dan teman dekat, kamu juga bisa berbagi kepada yang membutuhkan. Biasanya saya membagikan nasi bungkus kepada beberapa orang sebagai bagian dari rasa syukur karena usia bertambah dan telah melalui berbagai proses yang rumit selama ini. 

Introspeksi Diri 

Selama satu tahun ini, banyak sekali peristiwa yang dialami baik suka, duka, dan banyak kegagalan dan pencapaian. Tak banyak yang melakukan introspeksi diri karena kesibukan yang dijalankan selama ini. Rasanya cukup bijak jika mengambil jeda satu atau dua hari menjelang ulang tahun untuk melakukan instrospkesi, apa yang harus dilakukan kedepannya. 

Me Time Dan Reward Kepada Diri Sendiri

"Terima kasih kepada diri sendiri yang sudah menjadi pribadi hebat selama satu tahun ini. "  

Sudahkah berterima kasih kepada diri sendiri? Selama satu tahun ini sudah menjadi orang yang tahan banting dan bekerja sangat keras. Sepertinya sudah seharusnya memberikan reward kepada diri sendiri dengan me time atau berbagai hal yang menyenangkan diri sendiri harus dilakukan. Kadang beberapa diri sendiri sudah memberikan warning secara alami dengan sakit atau capek, yang mengharuskan diri mengambil jeda dari kesibukan. 

Memberi manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang merupakan pencapaian terbaik bagi seseorang maupun sebuah institusi. 

JNE 32 Tahun Kobarkan Semangat Bangkit Bersama


Sejak didirikan 32 tahun silam, pada 26 November 1990, oleh Alm. H. Soeprapto Soeparno, komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional untuk berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis sesuai dengan tagline “Connecting happiness”, untuk memberikan manfaat seluas-luasnya bagi bangsa dan negara. 
 
Dalam rangka hari jadinya yang ke-32 tahun ini, JNE mengusung moto "Bangkit Bersama", yang berarti kemajuan, pertumbuhan, pergerakan, dan perjalanan. Menafsirkan dan merayakan perjalanan lebih dari 3 dekade, melintasi perjalanan untuk terus bergerak maju dari kelompok kecil dan kini berkembang menjadi lebih dari 50.000 Ksatria dan Srikandi (Karuawan) dari berbagai etnis dan bahasa serta didukung oleh lebih dari 8.000 jaringan, yang terus tumbuh, dan menawarkan manfaat terbaik untuk mewujudkan Indonesia Bangkit, agar kami dapat terus maju bersama UMKM, pelanggan dan mitra, agar siap menghadapi tantangan dan bangkit bersama sepanjang jalan.

Promo Dan Kolaborasi Selama Ulang Tahun JNE ke-32 Tahun 

Bagi member JNE Loyalty Card (JLC) pada periode 21 - 30 November 2022 dapat menukarkan sebanyak 32 poin menjadi e - voucher ongkir Rp. 32.000, serta ada promo diskon ongkos kirim sebesar 32% pada 26 - 27 November 2022 untuk kiriman service Regular ke seluruh tujuan di Indonesia. Selain program promo ongkos kirim, JNE pun berkolaborasi dengan Tab Space asal Bandung, yaitu studio komunitas seniman disabilitas untuk mendesain merchandise khusus HUT JNE ke 32 tahun. Kolaborasi tersebut merupakan bentuk kepedulian JNE dalam memberikan dukungan agar seniman disabilitas memiliki ruang berkarya dan Bangkit Bersama untuk menunjukkan kemampuan karya-karya terbaik mereka sehingga dapat dikenal di masyarakat. 

Informasi mengenai promo dan lainnya bisa dicek langsung di https://jnewsonline.com/ .


You Might Also Like

0 Comments