Hari Pelanggan Nasional: Yuk, Pahami Hak dan Kewajiban Konsumen Saat Belanja

9/10/2022 01:26:00 PM

 

Saat membeli sesuatu baik di toko langganan atau online shop, pasti banyak yang tidak terlintas bahwa produk yang akan dibeli itu kualitasnya sebanding dengan harga yang ditawarkan. Bahkan saat membeli produk di toko online misalnya, ternyata produknya memiliki kualitas dibawah harganya atau bahkan rusak, serta pada saat mengajukan komplain ternyata penjual tidak ada itikad baik. Banyak sekali kasus penjualan baik offline maupun online yang merugikan pembeli. 

Pengalaman belanja di toko, baik offline maupun online, saya pernah merasakan ketidaknyamanan dan berujung komplain. Saat saya ke tanah abang, pernah saya membeli celana dalam dengan harga yang cukup mahal, pada saat saya beli bahannya terlihat kuat. Setelah seminggu dipakai, ternyata celana dalam sudah robek dibagian karetnya. Pengalaman belanja di toko online pun mendapati kasus yang sama saat membeli recorder. Saya membeli di toko yang ratingnya lumayan baik, namun pada saat barang datang ternyata terdapat kendala. Saat saya charge, recorder itu tidak menyala sama sekali. Saya telah mengajukan komplain dan untungnya tokonya pun beritikad baik dan mengembalikan saldo. Lain lagi ketika saya membeli dispenser, ternyata bocor setelah beberapa saat membeli. Walaupun ada garansi, namun ongkos untuk kirim dan lamanya perbaikan membuat saya berfikir ulang.

Kadang kala pembeli atau pelanggan itu membutuhkan banyak informasi sebelum membeli sesuatu. Dan, banyak sekali pelanggan yang tertipu dengan foto atau display produk yang ditawarkan, namun pada kenyataannya ternyata produknya tidak sama dengan foto atau displaynya. Nah, untuk menghindari banyak kejadian seperti ini, dibutuhkan pemahaman mendalam hak dan kewajiban pelanggan agar tidak tertipu oleh penjual yang hanya memikirkan keuntungan sesaat saja. 

Pahami Hak dan Kewajiban Konsumen Saat Belanja 


Selain memahami hak dan kewajiban pelanggan, kalian juga harus berhati-hati saat belanja di toko baik online dan offline. Nah, ini beberapa tips agar belanja aman dan mendapatkan produk berkualitas. 

Cek Kredibilitas Toko 

Sebelum membeli sesuatu baik offline dan online, ada baiknya mencari tahu toko yang akan dituju. Pengalaman membuktikan bahwa banyak sekali toko yang beredar, jadi harus jeli memilih toko. Jangan karena harga yang murah saja, namun mengesampingkan kredibilitas toko. Karena pada dasarnya, jika suatu toko kredibile maka akan banyak pelanggan dan direkomendasikan dari orang-orang yang sudah langganan di toko terebut. Jika di toko online, biasanya terdapat tanda bahwa toko tersebut official atau terpercaya/terverifikasi.

Jangan Tergiru Harga Murah

Banyak sekali diskon yang ditawarkan sehingga semua toko pun berlomba-lomba menurunkan harga, namun ternyata pada saat barang sampai, kualitasnya jauh antara display dan barang yang sudah sampai. Cek terlebih dahulu harga standar dipasaran, kalau bisa cek di toko official terlebih dahulu, jika harganya tidak terlalu jomplang, maka produk tersebut original dan sudah dijamin kualitasnya. 

Cek Syarat Ketentuan Pembelian 

Setelah membeli produk, pastikan cek syarat dan ketentuan, misalnya kapan barang dikirim, jasa pengiriman yang digunakan dan berapa lama barang itu dikirim. Selain itu, apakah produk itu bergaransi resmi atau garansi toko. Cek sampai sedetail-detailnya, apalagi jika membeli barang elektronik atau barang mewah lainnya yang bernilai jutaan rupiah.

Gunakan Ekspedisi Terpercaya

Selain mengecek syarat dan ketentuan, kamu juga bisa memilih ekspedisi yang telah terpercaya di Indonesia, dan saya biasanya menggunakan JNE. JNE telah melayani ekspedisi selama 32 tahun dan menjangkau keseluruh pelosok Indonesia. 

Hak dan Kewajiban Pelanggan

Berikut adalah hak dan kewajiban konsumen berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen yang perlu dipahami (dikutip dari bisnis.com) : 

Hak Konsumen 

  • Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi produk berupa barang dan/atau jasa. 
  • Hak memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa sesuai dengan dengan nilai tukar atau kondisi serta jaminan yang dijanjikan. 
  • Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi serta jaminan barang dan/atau jasa. Hak didengar atas pendapat dan keluhan tentang barang dan/atau jasa yang digunakan 
  • Hak mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut. 
  • Hak mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen. 
  • Hak diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif. 
  • Hak mendapatkan mendapatkan kompensasi ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. 
  • Hak-hak yang diatur dalam peraturan perundang-undangan lainnya. 

Kewajiban Konsumen 

  • Membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa demi keamanan dan keselamatan. 
  • Beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa demi keamanan dan keselamatan. 
  • Membayar barang sesuai dengan nilai tukar yang disepakati. 
  • Mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen.

Promo Hari Pelanggan Nasional 


JNE bersyukur sampai menginjak di usia 32 tahun, masih dapat berbagi kebahagiaan kepada pelanggan setia maupun masyarakat Indonesia terlebih di masa post - pandemi saat ini.  JNE turut andil dalam Hari Pelanggan Nasional (HPN). Tujuan HPN adalah meningkatkan semangat pelayanan perusahaan dalam memberikan kepuasan pada pelanggan. Hal tersebut sesuai dengan tagline JNE yang selalu diusung yaitu Connecting Happiness, yang berarti mengantarkan kebahagiaan. Ada banyak kebahagiaan yang dibagi oleh JNE pada momen HPN ini, yaitu:

  • Peluncuran buku berjudul “Bahagia Bersama” pada 7 September 2021.
  • Apresiasi pada UMKM. Berupa program promo diskon 20% untuk member JNE Loyalty Card (JLC), tanggal 4 – 5 September 2022.
  • Promo tukar 100 poin JLC periode 4 – 10 September 2022, dengan paket eksklusif berupa produk dari Faber Castell.
  • Pembagian hadiah gratis bagi 25 pengunjung pertama
Bagi pelanggan setia JNE yang belum bergabung, dapat segera mendaftarkan diri agar mendapatkan benefit dari setiap aktifitas pengiriman paket di JNE. Caranya pun mudah dan tanpa biaya apa pun, dengan hanya mengunjungi website https://jlc.jne.co.id/ untuk melengkapi persyaratan yang berlaku. Poin yang didapatkan dari setiap transaksi dengan menggunakan JLC dapat ditukarkan dengan beragam pilihan hadiah atau berkesempatan memenangkan hadiah melimpah setiap tahunnya

You Might Also Like

0 Comments